Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Suntik Botox

Keunggulan dan Kerugian Menggunakan Suntik Botox MEDIKALOGI.COM – Di dunia medis akhir-akhir ini sering menggunakan injeksi botox karena banyak manfaat dan keuntungannya serta di kalangan masyarakatpun banyak yang menggunakannya untuk kosmetika dan kecantikan.

Botox mengandung Toxin Botulinum yang merupakan protein neurotoksik yang digunakan untuk pengobatan. Toxin ini dihasilkan oleh Bakteri Clostridium Botulinum dan sering digunakan pada ketegangan otot.

Sebagaimana diwajibkan di Amerika Serikat, proses penyuntikan botox di Indonesia seharusnya dilakukan oleh Dokter Bedah Plastik atau Dokter Spesialis Kulit.

Toksin ini sering dijumpai pada makanan kalengan yang terkontaminasi spora pada lingkungan anaerob, kemudian berkembang dan menghasilkan toksin, sehingga dapat menyebabkan botulism.

Toksin ini selain digunakan untuk kecantikan dan dapat pula digunakan pada orang yang menderita migraine,  hiperhidrosis (keringat banyak),  achalasia (gangguan menelan),  cervical dystonia (ketegangan pada leher dan kepala).

Botox, ternyata dapat pula digunakan untuk menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan waktu pengosongan lambung.

Efek Samping Suntik Botox :

  • Efek samping dapat disebabkan oleh cara penyuntikannya (kelumpuhan otot) dan struktur kimianya (protein). Selain itu dapat juga tampil memar yang terjadi karena salah tempat penyuntikan, bukan disebabkan oleh karena toksinnya.
  • Efek samping lainnya seperti tidak dapat menutup mata, tidak dapat tersenyum, kelopak mata turun, atau bila disuntikan disekitar rahang dapat menyebabkan kesulitan mengunyah. Hal ini dapat terjadi dalam 6 minggu.
  • Efek samping lain yang dapat terjadi pada penyuntikan untuk kosmetik adalah sakit kepala, kesulitan menelan (dysphagia), gejala yang mirip sindroma flu, kelumpuhan setempat daerah wajah, bahkan reaksi alergi.

Mekanisme Kerja Toksin Botulinum

Toksin ini mempunyai target kerja adalah masuk ke dalam terminal axon (merupakan bagian dari sel saraf) yang kemudian memerintahkan untuk terjadi kelumpuhan.

Angka kematian yang pernah dilaporkan oleh karena toksin ini antara tahun 1950-1996 adalah 15,5% . Kematian biasanya terjadi sekunder yaitu karena gagal bernafas, yang disebabkan oleh karena kelumpuhan otot pernafasan.

Metode suntik apapun yang hendak Anda akan lakukan, pastikan aman dan dilakukan oleh praktisi medis yang berkompetensi penuh, dalam hal ini adalah Dokter Spesialis Kulit atau Dokter yang terlatih.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri