Fakta dan Tips Serta Petunjuk Perlindungan Mata Dari Sinar UV

Cara Gadis Cantik Melindungi Mata Dari Sinara UVMEDIKALOGI.COM – Jujur, selama ini kita hanya mengetahui bahaya kerusakan yang di akibatkan oleh sinar UV jika terkena langsung dengan kulit. Namun, kita tidak mengetahui apa dan bagaimana kerusakan yang di akibatkan pada mata.


Sebenarnya, sinar UV dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu sinar UV-C, merupakan radiasi UV yang paling berbahaya sehingga tubuh harus benar-benar terlindungi.

Sinar UV-B atau yang biasa kita kenal sebagai sinar radiasi perusak kulit dan mata, UV-A dan UV-B ini harus dihindari karena mampu merusak jaringan mata.

Sinar UV-A dapat merusak saraf pusat penglihatan dan makula, yaitu bagian dari retina yang terletak di bagian belakang mata. Sedangkan UV-B dapat merusak bagian kornea dan lensa.

Bagi Anda yang belum mengetahui kerusakan yang diakibatkan sinar UV pada mata, berikut ini saya paparkan sepuluh fakta sekaligus tips dan petunjuknya seperti:

Fakta pertama

Matahari bersinar paling kuat antara pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Ini berarti pancaran sinar UV paling berbahaya terdapat di antara periode waktu ini.

Fakta kedua

Sama seperti kulit gelap memiliki perlindungan lebih terhadap matahari dibandingkan kulit cerah, maka mata berwarna gelap juga menyediakan perlindungan lebih terhadap matahari dibandingkan mata berwarna terang. Meskipun demikian kacamata hitam dengan UV protection tetaplah penting bagi semua orang.

Fakta ketiga

Tubuh manusia mempunyai kemampuan untuk memperbaiki dan mengganti sel-sel yang rusak. Lensa mata merupakan pengecualian karena tidak dapat digantikan. Karenanya gejala seperti katarak dapat terjadi sebagai akibat penumpukan kerusakan yang mempengaruhi protein pada lensa mata. Dan kerusakan ini biasanya disebabkan karena radiasi sinar UV.

Fakta keempat

Kelebihan sinar UV pada awal masa kanak-kanak Anda dapat berpengaruh pada mata Anda di masa yang akan datang.

Fakta kelima

Refleksi sinar dapat menyebabkan mata terbakar. Refleksi sinar matahari pada salju di puncak gunung, pasir di pantai, air danau, sungai dan laut berada pada tingkat yang paling kuat.

Fakta keenam

Radiasi sinar UV yang berbahaya dapat menyebabkan pteryguim, ini adalah kondisi penyakit mata yang ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan di lapisan luar (conjunctiva) bagian putih mata yang lambat laun akan menghalangi kejelasan penglihatan.

Fakta ketujuh

Kanker kulit juga dikenal dengan nama melanoma paling banyak disebabkan oleh sinar matahari dan dapat berkembang pada kelopak mata sebagaimana halnya bagian kulit lainnya.

Fakta kedelapan

Paparan sinar matahari memainkan peranan penting dalam terjadinya degenerasi macula yang berkaitan dengan umur, ini adalah suatu kondisi dimana makula retina (bagian mata untuk melihat detil yang halus) mengalami kerusakan.

Fakta kesembilan

Antibiotik dan jenis obat-obatan tertentu dapat membuat mata Anda, bahkan kulit Anda menjadi lebih peka terhadap sinar cahaya. Kondisi ini berarti mata anda lebih mudah terkena kerusakan yang berhubungan dengan matahari.

Fakta kesepuluh

Bila Anda seorang wanita bule bermata biru, perokok dan berambut pirang, Anda berada dalam tingkat tertinggi risiko kerusakan mata akibat sinar matahari. Hal ini tidak berarti kita yang lainnya lantas dapat merasa lega.

Tips dan petunjuk perlindungan mata dari kerusakan akibat sinar UV

1.   Kacamata hitam

Tidak semua kacamata hitam dibuat sama. kacamata hitam (sunglass) yang efektif harus dapat memblokir kedua jenis radiasi sinar UV-A dan UV-B. Ketika semua kacamata hitam memblokir radiasi sinar UV-B, sebuah kacamata yang baik seharusnya juga dapat memblokir radiasi sinar UV-A hingga 99% -100%.

2.   Pilih lensa yang besar dan pas menutup mata Anda.

Bahkan dengan kacamata hitam yang menawarkan perlindungan 100% terhadap sinar UV, sinar matahari tetap dapat mencapai mata dari samping kacamata.

Kacamata Aviator yang menutup seluruh area mata adalah yang terbaik untuk melindungi mata dari terobosan sinar matahari dari semua sudut.

Kacamata hitam yang mahal rancangan disainer atau lensa polar tidak menjamin dapat secara efektif melindungi dari sinar matahari yang berbahaya.

3.   Kacamata hitam biasa 

jenis yang tidak memiliki sertifikasi perlindungan terhadap UV-A dan UV-B dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada mata dari pada tidak. Ini disebabkan karena kacamata hitam menyebabkan pupil mata membesar, sehingga radiasi sinar UVaA akan lebih banyak merusak retina dan lensa mata.

4.   Anak-anak perlu memakai kacamata hitam (bukan kacamata hitam mainan).

Seperti halnya kulit Anda, sebagian besar kerusakan mata akibat sinar matahari diakui terjadi pada tahap-tahap awal perkembangan seseorang. Karena itu perlindungan terhadap sinar matahari penting sekali untuk orang muda.

Pada hari-hari yang sangat panas atau saat Anda berlibur di pantai, kenakan topi lebar untuk memblokir terpaan sinar matahari dari atas.

5.   Nutrisi berperan penting dalam kesehatan mata Anda.

Ada bukti yang berkembang bahwa Lutein, carotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel, ditemukan pada area tubuh yang paling rawan akan kerusakan.

Ini termasuk makula (bagian dari mata yang memampukan kita melihat secara detil), dan membantu melindungi terhadap sinar biru yang berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan hingga jaringan yang sangat sensitif di belakang retina. Dengan kata lain Lutein hampir sama fungsinya dengan kacamata pelindung matahari yang alami.