Penyebab Utama Iritasi dan Alergi Pada Mata

Penyebab Utama Iritasi dan Alergi Pada MataMEDIKALOGI.COM – Hampir sudah dipastikan semua orang pernah mengalami sakit mata. Sakit mata adalah merupakan terganggunya fungsi pada mata sebagai alat indra yang biasanya terjadi pada bagian fisik mata dan juga bagian dalam mata.


Memang benar kalau sakit mata sebagian orang tidak bisa menghindarinya, karena mata adalah salah satu alat indra yang tentunya sangat terbuka dan menjadi bagian paling vital pada organ tubuh manusia, di mana mata merupakan alat indra yang terus menerus dipergunakan.

Banyak orang mencari tahu bagai mana cara untuk mengobati penyakit mata, namun tidak banyak juga yang mengetahui apa sebenarnya penyebab sakit mata. Berikut ini beberapa penyakit mata yang sering menyebabkan mata menjadi merah.

Penyebab utama mata merah dan sakit

Debu

Meskipun beberapa kota keadaannya lebih kotor dari yang lainnya, tak pelak lagi debu ada di mana–mana. Bila Anda tinggal di kota yang berdebu seperti Bangkok atau Jakarta, pakailah kacamata hitam saat Anda keluar dan masuk.

Kacamata ini mungkin tidak secara sepenuhnya menahan partikel-partikel debu tetapi paling tidak menyediakan tameng perlindungan antara mata Anda dengan lingkungan sekitar. Pilih kacamata hitam yang melindungi hingga ke sisi wajah Anda, untuk memberi perlindungan lebih pada bagian samping mata.

Untuk tetap menjaga mata dalam keadaan sehat, lensa kontak harian adalah pilihan terbaik yang paling higienis. Dengan lensa harian Anda tak perlu khawatir mata terkena iritasi dari debu dan partikel-partikel lain di udara yang menyebabkan iritasi pada mata sebab Anda memakai sepasang lensa yang segar dan bersih tiap hari!

 Alergi dari udara

Serbuk bunga mungkin bukan masalah yang biasa di Asia, tetapi musim semi di Australia dan Selandia Baru dapat menjadi sebuah isu alergi yang serius yang diakibatkan oleh serbuk bunga. Ini termasuk faktor penyebab alergi dari udara dan sulit dihindari. Hal yang sama juga terjadi pada bulu hewan peliharaan dan tanah yang juga dapat menyebabkan iritasi mata seperti bengkak, gatal dan mata berair dan dapat memicu terjadinya conjunctivitis (mata merah).

Berikut adalah resep efektif untuk menghindari serbuk dan faktor penyebab alergi lainnya. Pertama, basuh wajah Anda untuk menghindari serbuk. Setelah itu percikkan air hangat untuk membersihkan mata dan letakkan waslap dingin pada area mata. Usahakan agar rambut Anda bersih dan tidak menutupi wajah karena rambut adalah jerat untuk serbuk. Bila Anda masih tetap merasa tidak nyaman, berkonsultasilah dengan dokter Anda.

Riasan mata

Bila Anda agak sensitif dengan riasan wajah, mata Anda dapat menjadi bengkak sebelum Anda sanggup mengatakan ‘eye shadow’. Ingatlah untuk selalu membersihkan area mata sebelum mengoleskan krim mata dan tidur. Cara paling baik untuk mengangkat semua sisa riasan mata dari wajah Anda adalah dengan menghapusnya dengan kapas yang diberi cairan penghapus riasan yang memiliki bahan dasar minyak dan air.

Gunakan produk anti alergi bila kulit Anda memiliki alergi terhadap produk riasan. Pada label kemasan biasanya disebutkan. Dan biasanya beberapa dari kita bahkan mengalami mata merah bila memakai maskara atau eye shadow yang tidak cocok. Triknya? Hindari pemakaian eye shadow berbentuk bubuk, riasan mata berbentuk glitter atau maskara yang terlalu tebal.

Rambut

Penampilan rambut Anda bisa saja tampak menawan saat ini. Tetapi bila mata Anda sensitif, harga yang telah Anda keluarkan untuk kecantikan dapat berakhir dengan sebuah alergi mata. Rambut, terutama merupakan bagian paling pendek dari keseluruhan riasan, dapat menjadi tirai penyimpan debu, kotoran, minyak, serbuk dan sebum –semua alergi– yang disebabkan elemen-elemen yang dapat mengiritasi mata.

Disamping itu, ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat di bagian atas wajah. Cobalah menjepit rambut Anda ke atas atau sampirkan ke samping. Usahakan rambut selalu bersih dengan mencucinya memakai sampo dan dikeringkan dengan baik saat pagi hari.

Bahan-bahan Kimia

Zat kimia tertentu dapat mengiritasi mata. Disamping semua kandungan kimiawi, residu dari beberapa produk rumah tangga seperti pemutih dan deterjen dapat menyebabkan mata sensitif menjadi merah dan gatal. Sedapat mungkin, lindungi rumah atau kantor Anda saat menggunakan bahan-bahan kimia ini.

Asap Rokok

Anda tentu tahu asap rokok berakibat buruk untuk Anda dalam banyak hal namun sadarkah Anda asap rokok juga dapat menyebabkan sindrom mata kering? Hentikan kebiasaan merokok bila mungkin dan hindari tempat-tempat hiburan yang penuh asap rokok seperti pub, bar atau club.

Triknya adalah menggunakan lensa kontak yang nyaman. Untuk menjaga mata Anda tetap nyaman, pilih lensa kontak yang sangat lembut bagi mata Anda. Bila Anda memilih yang tepat, Anda akan merasa begitu nyaman walaupun berada di tengah lingkungan yang penuh asap rokok sekalipun, Anda bahkan tidak akan merasakan gangguan asap rokok itu sedikitpun.