Informasi Tentang Mata Juling

Gadis yang Bermata Juling Mendapat  Kecupan Dari ObamaMEDIKALOGI.COM – Tidak jarang kita menemui orang dengan kondisi matanya yang berbeda dengan orang-orang pada umumnya yaitu bermata juling.


Mata juling atau strabismus adalah bentuk ketidaknormalan pada bola mata manusia. Mata juling ini ditandai oleh posisi bola mata yang tidak normal, misalnya ketika di ajak berbicara mereka seolah-olah tidak memandang kita atau posisi kedua  kornea mata yang kiri dan yang kanan bertemu di tengah-tengah. Gerakan bola mata seperti ini yang di sebut mata juling.

Kondisi mata juling dapat terjadi pada siapapun. Mata yang juling dapat mengarah ke dalam (konvergen), keluar (divergen), atau satu mata lebih tinggi dari mata lainnya. Strabismus dapat menyebabkan penurunan binocular atau penglihatan stereo (3D), dan strabismus pada anak dapat berkembang menjadi mata malas (ambliopia).

Apa penyebab mata juling?

Mata juling paling sering disebabkan oleh ketidakseimbangan otak dalam mengkoordinasikan mata. Dapat juga disebabkan oleh ukuran kacamata abnormal (contohnya hiperopia tinggi atau miopia tinggi), atau apapun yang menghalangi pandangan satu mata (contohnya katarak anak atau kelainan mata lainnya). Kadang kala, dapat juga diakibatkan oleh ketidaknormalan saraf yang membentuk otot mata atau ketidaknormalan otot mata atau jaringan sekelilingnya dalam soket mata.

Tanda-tanda awal anak memiliki mata juling

Orang tua dapat melihat bahwa mata anak mereka mungkin kurang terkordinasi atau tidak sejajar. Pada beberapa bentuk strabismus, anak mungkin menutup satu mata untuk menyamarkan penglihatan ganda yang kadang terhubung dengan strabismus, atau memiringkan kepala untuk mendapatkan kesejajaran penglihatan.

Banyak bayi keturunan Cina sering tampak memiliki mata juling konvergen sebagai akibat lipatan kulit mata yang tebal (Mongoloid) yang menutupin bagian dalam mata, menyebabkan mata terlihat lebih dekat satu sama lainnya. Ini adalah mata juling semu, dan tidak memerlukan pengobatan. Dokter lokal anda akan dapat memberitahu apakah anak anda benar memiliki strabismus atau tidak, dan merujuk anak anda ke spesialis mata jika dia tidak yakin atau mencurigai adanya masalah.

Bagaimana saya membantu anak saya supaya terhindar dari mata juling?

Sayangnya, mata juling tidak dapat dicegah. Namun, dapat dikontrol dengan intervensi medis.

Apa jenis pengobatan yang tersedia untuk mata juling?

Pengobatan bervariasi tergantung dari tipe mata juling yang ada. Pada beberapa kasus, pengobatan non-medis (contohnya penggunaan kacamata dan latihan fusi) lebih sesuai, sedangkan pada kasus lainnya diperlukan operasi dini.

Karena mata juling terkadang berhubungan dengan masalah otak atau masalah mata lain yang lebih buruk, hal pertama yang dokter anda akan lakukan adalah pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan bahwa tidak terdapat masalah-masalah lain tersebut.

Prinsip pengobatan kemudian untuk :

  • Mencoba untuk mengoptimalkan penglihatan kedua mata dan memberikan anak kacamata yang sesuai.
  • Mengobati masalah ambliopia (mata malas) yang mendasarinya.
  • Pengobatan non-bedah seperti plester mata, latihan fusi atau konvergen  untuk mengajari anak.
  • Bagaimana menggunakan kedua mata bersamaan.
  • Melakukan operasi untuk mengembalikan kesejajaran mata, jika perlu.