Tips Menjaga Daerah Kewanitaan Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Daerah Kewanitaan Agar Tetap SehatMEDIKALOGI.COM – Bagian milik pribadi wanita yaitu organ intim atau vagina merupakan bagian yang rentan dengan infeksi bakteri karena keadaannya yang lembab.


Oleh karena itu, sangatlah penting untuk selalu menjaga kebersihan bagian tubuh intim tersebut.

Untuk menjaga kesehatan organ intim tersebut agar terhindar dari infeksi jamur dan juga bakteri, bukan merupakan pekerjaan yang mudah memang. Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam perawatannya.

Masalah yang paling sering muncul adalah keputihan. Keputihan sendiri dapat merupakan sesuatu yang normal terjadi. Bahkan, produksinya dapat meningkat jika seorang wanita sedang mengalami peningkatan jumlah hormon di saat sekitar masa menstruasi atau saat hamil, mendapatkan rangsangan seksual, mengalami stres atau kelelahan berlebihan, dan sedang menggunakan obat-obatan tertentu atau alat kontrasepsi.

Agar daerah kewanitaan tetap sehat dan tidak terjadi masalah keputihan yang tidak normal, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Gunakanlah pakaian dalam dari bahan katun atau sutra ketimbang dari bahan sintetik. Ganti pakaian dalam setiap hari.
  • Jangan berlama-lama menggunakan pakaian ketat (celana yang ketat, jeans) atau stocking karena dapat meningkatkan kelembaban daerah kewanitaan dan mempermudah iritasi dan pertumbuhan bakteri dan jamur.
  • Hindari produk-produk seperti: semprotan kewanitaan, tisu berwarna dan mengandung pewangi, pembalut yang mengandung pewangi. Produk-produk tersebut dapat menyebabkan iritasi daerah kewanitaan.
  • Jika sedang menggunakan pembalut, rutinlah mengganti pembalut, paling tidak 2-3 kali sehari.
  • Pastikan pakaian dalam Anda dicuci dan dibilas 2 kali dengan bersih sehingga tidak ada bahan iritan yang tertinggal dari deterjen atau pengharum pakaian.
  • Hindari penggunaan sabun pewangi, cairan pewangi, bedak di sekitar area kewanitaan.
  • Cucilah daerah kewanitaan dengan arah dari depan ke belakang agar menghindari perpindahan bakteri dari area anus ke area kewanitaan.
  • Jangan melakukan vaginal douching karena dapat menimbulkan iritasi dan menghilangkan bakteri baik yang berguna untuk menjaga daerah kewanitaan tetap sehat.
  • Jangan berganti-ganti pasangan seksual dan tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah.

Daerah kewanitaan yang sehat tidak membutuhkan pengobatan apapun. Yang terpenting adalah untuk menjaga daerah kewanitaan Anda tetap kering dan bersih setiap saat. Hindari kelembaban berlebihan dan sebaiknya tidak perlu menggunakan produk-produk yang dapat menyebabkan iritasi daerah kewanitaan Anda.