Variasi Gerakan Olahraga yang Membakar Kalori Dengan Cepat

Variasi Gerakan Olahraga yang Membakar Kalori Dengan CepatMEDIKALOGI.COM – Seperti yang di ketahui bahwa, olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang dapat memberikan efek bagi tubuh secara keseluruhan. Olahraga dapat membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak.


Betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh terutama bagi orang-orang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik.

Olah raga dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan atau digerakkan. Lambat laun bagian-bagian mesin itu akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak atau bekerja.

Demikian pula hal bagi tubuh, jika kurang gerak maka tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik.

Dengan berolahraga secara teratur, dipercaya sebagai salah satu cara mudah membakar lemak dan membuat tubuh bugar. Namun, ada beberapa trik agar olahraga menjadi lebih efektif.

Lakukan beberapa hal berikut untuk membakar kalori lebih cepat.

1.   Makan sebelum olahraga

Makan bar atau biskuit yang rendah karbohidrat 90 menit sebelum olahraga, memungkinkan Anda berolahraga lebih lama sehingga membakar kalori lebih banyak. Steve Zim, penulis ‘Hot Point Fitness’ mengingatkan untuk memerhatikan asupan makanan sebelum olahraga.

Bila makan saat mendekati latihan fitnes, darah akan mengalir ke perut dengan cepat dan mengurangi kinerja gerakan olahraga.

2.   Bernapas lewat hidung

Menghirup dan membuang napas melalui hidung membantu menstabilkan denyut jantung dan meningkatkan daya tahan. Hindari melakukannya dengan mulut. Dengan bernapas lewat hidung, latihan bisa lebih lama sehingga membakar lebih banyak kalori. Untuk melatihnya, dibutuhkan waktu sekitar enam sampai delapan gerakan agar sempurna.

3.   Gerakan cardio di akhir olahraga

“Lakukan gerakan pemanasan sebelum melakukan latihan kardiovaskular,” saran Ken Fitzgerald, pemilik Lift in Gym, New York. Tubuh membutuhkan 15 menit pemanasan sebelum mulai membakar lemak.

4.   Variasikan gerakan

Melakukan latihan yang sama persis setiap kali berolahraga membuat tubuh beradaptasi dan akhirnya berhenti membakar banyak kalori. Jadi variasikan gerakan olahraga. Jika Anda berlari suatu hari, cobalah bersepeda atau berenang pada sesi berikutnya.

Jika Anda biasa memulai latihan dari bahu dan lengan, cobalah mengawali dari kaki pada kesempatan berikutnya.

5.   Jangan membungkuk

Membungkuk di atas stang sepeda atau saat melakukan gerakan, akan memperlambat proses pembakaran lemak, kata Fitzgerald. Sebuah beban atau berpegangan membantu menyeimbangkan berat. Jika tidak bisa, kayuh sepeda lebih lambat.

6.   Interval gerakan

Cara terbaik untuk membakar lemak adalah bekerja sekeras mungkin selama bisa, ujar Malick Diop, seorang pelatih kebugaran di Equinox Gyms diNew York. Jika baru mulai latihan, interval akan sangat membantu.

Lakukan latihan treadmill selama dua menit dengan kecepatan 7 mph, diikuti dua menit dengan kecepatan 5 mph, lalu kembali ke 7 mph selama 20-45 menit. Ini akan membakar lemak lebih cepat dan membangun daya tahan tubuh.

7.   Tambahkan beban ringan

Makin banyak otot yang bekerja, makin banyak kalori yang terbakar. Sehingga, bila tak punya banyak waktu dengan latihan kardio, Zim menyarankan melakukan bicep curls dan gerakan overhead sambil mengangkat 2-3 kilogram beban. Bisa juga lakukan saat berjalan atau menaiki tangga. Hal ini akan memperkuat otot dan membakar lemak lebih banyak daripada latihan kardio tanpa beban.