Selusin Makanan Penyebab Keguguran Kandungan

Makanan Untuk Menguguran KandunganMEDIKALOGI.COM – Salah satu kecemasan yang sering menghantui dan sekaligus sangat menakutkanbagi ibu hamil adalah keguguran kandungan.


Perlu di ketahui bahwa keguguran itu diartikan sebagai keluarnya janin atau persalinan prematur sebelum bayi mampu untuk hidup, yang terjadi sebelum usia kehamilan 20 minggu. Sekitar 10 sampai 20% kehamilan mengalami keguguran, dan lebih dari 80% terjadi sebelum usia kandungan 12 minggu.

Memang, faktor yang dapat menyebabkan keguguran itu cukup banyak dan salah satunya adalah faktor makanan yang dikonsumsi ketika hamil.

Banyak calon-calon ibu mudah yang tidak mengetahui jenis makanan apa saja yang tidak boleh di konsumsi ketika sedang hamil. Nah, bila Anda ingin bayi yang Anda kandung itu bisa lahir ke dunia ini dengan selamat, Anda mesti mengetahui jenis-jenis makanan yang menyebabkan keguguran.

Jenis-jenis makanan yang dapat menyebabkan keguguran kandungan ibu hamil, seperti:

1.   Vitamin C

Vitamin C dipercaya sebagai alat kontrasepsi alami. Jangan mengonsumsi vitamin C selama masa subur. Jika Anda mengonsumsi Vitamin C dengan dosis tinggi dapat membuat Anda mengalami keguguran di awal kehamilan.

2.   Nanas

Menurut cerita turun temurun, makan nanas dapat menyebabkan keguguran. Nanas mengandung enzim protease bromelain seperti papain pada pepaya. Enzim ini dapat melembutkan leher rahim sehingga dapat menyebabkan keguguran.

3.   Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah-buahan yang kaya vitamin C. Sebenarnya masalah pepaya ini masih diperdebatkan. Namun, para ahli mengatakan bahwa pepaya mengadung papain yaitu suatu zat yang bisa membuat janin Anda keguguran.

4.   Tebu

Tebu tak hanya mengandung vitamin C yang sangat tinggi, tapi juga meningkatkan suhu (panas) dalam tubuh. Peningkatan suhu ini akan membuat perut berkontraksi dan akhirnya keguguran.

5.   Wijen

Ternyata wijen juga dapat membuat Anda keguguran. Satu sendok biji wijen yang dicampur dengan madu adalah salah satu cara menggugurkan janin.

6.   Kayu manis

Jenis rempah yang satu ini umum ditemukan pada setiap dapur rumah. Ibu hamil sebaiknya berhati-hati dengan aneka makanan yang mengandung kayu manis dalam jumlah yang banyak.

Kayu manis ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sehingga berbahaya untuk janin. Gejala awalnya, kayu manis akan menyebabkan Anda ingin buang air kecil terus menerus, dan akhirnya keguguran.

7.   Buah-buahan dengan rasa asam

Kebanyakan buah dengan rasa asam seperti jeruk mengandung banyak vitamin C. Seperti yang kita bahas tadi jika vitamin C dapat menggugurkan kandungan Anda jika dalam dosis berlebih.

8.   Teh hijau

Teh hijau yang memiliki manfaat segudang ternyata bahaya juga jika dikonsumsi pada saat hamil. Teh hijau dapat menyebabkan masalah pada kesuburan dan juga membuat Anda keguguran.

9.   Ikan kalengan

Ikan memang sehat, tetapi jika Anda mengonsumsi ikan segar. Ikan kalengan mengandung pengawet seperti garam dan bahan kimia yang dapat meningkatkan tekanan darah pada wanita hamil.

10.   Kacang tanah

Kacang tanah ternyata juga disinyalir menjadi penyebab keguguran. Satu genggam kacang tanah dianggap sudah terlalu berlebihan untuk ibu hamil, karena berpotensi menggugurkan kandungan.

11.   Keju olahan

Beberapa jenis keju memang sehat. Tetapi, ada juga jenis keju yang memerlukan beberapa kali proses. Nah keju semacam ini yang tidak baik untuk kandungan Anda. Ternyata makanan yang dilarang di atas adalah makanan kesukaan para wanita ketika sedang hamil. Pastinya Anda tidak mengkonsumsi kesemua makanan di atas. Dan ingat, selalu konsultasi ke dokter juga ya.

12.   Peterseli

Parsley atau peterseli biasanya dijadikan taburan dalam makanan tertentu untuk digunakan sebagai penambah rasa makanan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi parsley atau jusnya bisa membuat Anda keguguran.

Nah, demikianlah sejumlah makanan yang dapat menyebabkan keguguran kandungan pada ibu hamil. Untuk lebih mengetahui tentang kandungan Anda, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter kandungan dan rajinlah memeriksakan kandungan di rumah sakit yang ada di daerah Anda.