Cara Aman Mengeluarkan Racun Didalam Tubuh

Cara Aman Mengeluarkan Racun Didalam Tubuh MEDIKALOGI.COM – Tanpa kita sadari, ternyata ada banyak racun yang masuk ke dalam tubuh dan terakumulasi. Jika hal ini dibiarkan maka racun tersebut akan menimbulkan beragam penyakit.


Racun-racun yang di dapatkan tubuh bukan hanya dari makanan yang kita makan saja namun, bisa juga berasal dari zat makanan aditif, udara tercemar, bahan kimia seperti pestisida, logam berat dalam air minum, residu obat-obatan farmasi, dan lain-lain.

Detoksifikasi sangat diperlukan untuk membuang racun-racun di dalam tubuh karena detoksifikasi adalah suatu proses mengeluarkan toksin dalam tubuh melalui urin, pernapasan, tinja, dan keringat dengan menggunakan empat organ utama yaitu, hati, ginjal, saluran pencernaan, dan kulit.

Melalui detoksifikasi inilah kita dapat mengoptimalkan proses pengeluaran racun-racun dari tubuh kita. Efek dari detoksifikasi yang optimal  sangat luar biasa. Tubuh Anda akan mencerna makanan secara lebih baik, kulit anda akan menjadi lebih bercahaya, sakit punggung, persendian ataupun rasa sakit kronik lainnya akan hilang dan vitalitas serta energi Andapun akan meningkat.

Untuk membersihkan racun di dalam tubuh cukup mudah, Anda harus rajin melakukan tips sehat berikut ini :

1.   Konsumsi lebih banyak serat

Serat bisa ditemukan dalam banyak bahan makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, dan beras merah. Mengonsumsi banyak sumber serat ini dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Makanan kaya serat yang bisa menjadi bahan detoksifikasi terbaik antara lain buah bit, lobak, artichoke, kubis, brokoli, spirulina (sejenis tumbuhan ganggang), chlorella (ganggang hijau), dan rumput laut.

2.   Rajin minum vitamin C

Kedengarannya sepele, namun vitamin ternyata punya banyak manfaat untuk tubuh kita. Selan mengandung antioksidan, vitamin C juga membantu tubuh memproduksi glutathione, senyawa hati yang mampu melenyapkan racun dalam tubuh.

3.   Minum lebih banyak air

Minum air putih sedikitnya 2 liter sehari akan menghilangkan racun dan menjaga sel-sel tubuh tetap terhidrasi, khususnya setelah Anda mengonsumsi banyak makanan yang kurang sehat.

4.   Mengambil nafas dalam-dalam

Semua orang yang hidup pasti bernafas, tetapi tak banyak yang tahu bagaimana bernafas dengan benar. Bernafas dalam-dalam akan memungkinkan lebih banyak oksigen bersirkulasi melalui sistem tubuh Anda. Untuk itu, berlatihlah mengambil nafas sedikitnya 10 menit setiap hari. Duduklah dengan nyaman, dengan punggung tegak. Ambil nafas melalui hidung dalam tujuh hitungan, tahan selama empat hitungan, lalu keluarkan nafas melalui mulut dalam delapan hitungan. Anda tentu ingin menghirup semua udara di dalam paru-paru, sehingga dapat menarik lebih banyak oksigen dalam nafas berikutnya.

5.   Sauna

Tubuh kita membuang racun melalui keringat. Dengan bersauna, pori-pori kulit akan terbuka, dan melalui itulah racun dan segala kotoran pada tubuh akan keluar. Anda dapat membantu tubuh melenyapkan beberapa racun melalui keringat. Selain itu, sauna juga membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi nyeri otot.