Hal Pemicu Rasa Gatal Pada Payudara Wanita

Perempuan Buka Baju di Mall Karena Payudaranya Gatal MEDIKALOGI.COM – Seperti yang kita ketahui semua bahwa setiap manusia mempunyai payudara baik itu pria maupun wanita, entah dengan ukuran kecil atau besar.


Bagi wanita sendiri, mempunyai payudara yang indah akan berdampak positif secara psikologis terhadap pemiliknya karena, payudara merupakan salah satu bagian dari tubuh yang menjadi kebanggaan tersendiri dan menjadi perhatian khusus untuk selalu dijaga.

Payudara merupakan sebuah kelenjar sebasea yang termodifikasi di jaringan superfisialis dinding dada anterior, yang terdiri dari campuran variabel jaringan kelenjar penghasil susu, lemak, dan jaringan ikat pendukung (ligamen Cooper). Payudara juga dianggap organ seks karena secara seksual sensitif dan menginspirasi hasrat seksual.

Dalam fase kehidupan seorang wanita, tentunya akan atau pernah mengalami masalah pada payudara dan itu merupakan hal yang lumrah. Misalnya saja seperti, nyeri pada payudara, puting yang mengeluarkan cairan atau rasa gatal pada payudara.

Kebanyakan wanita sering mengalami gatal pada payudara sehingga mungkin sulit untuk memakai bra. Namun, jika sudah parah, ada baiknya Anda segera pergi ke dokter spesialis yang menangani khusus masalah ini, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kanker payudara.

Ada beberapa hal yang bisa memicu rasa gatal pada payudara, seperti :

1.   Bra yang berenda.

Kulit area payudara adalah kulit yang sangat sensitive terhadap gesekan, pastikan untuk memilih bra berenda yang di sesuaikan dengan aktivitas kita.

2.   Pemakaian sabun pada saat mandi.

Biasanya, wanita menggunakan sabun mandi yang tidak cocok dengan kulit di area puting payudara atau menggosok payudara terlalu keras/kuat.

3.   Alergi.

Alergi terhadap bahan bra atau lotion, terkadang beberapa wanita sering membubuhkan lotion pada area payudara, sebagai salah satu menjaga kehalusan kulitnya, namun perlu di ingat bahwa payudara adalah area yang tertutup sepanjang hari, terkadang udara panas, memicu kelembaban tersendiri bagi area tersebut. Untuk bahan bra, bra dengan harga selangit tidak menjamin bahwa kulit di area tersbut terhindar dari rasa gatal (alergi).

4.   Pemakaian parfum.

Pemakaian parfum, tubuh yang harum tentunya membuat rasa percaya diri makin tinggi, biasanya area yang sering di semprot parfum adalah area payudara. Jadi jika suatu ketika, payudara terasa gatal, ingat-ingat kembali, apakah sebelum beraktivitas telah menyemprotnya dengan parfum.

5.   Kulit yang kering di sertai iritasi.

Biasanya wanita yang memiliki payudara besar, sangat rentan dengan kondisi ini, hal tersebut di picu karena tertutupnya kulit di area bawah payudara, sehingga membentuk lipatan dan menjadikan kulit menjadi lembab, saling bergesekan tanpa aliran udara, yang berpotensi terjadi iritasi serta timbulnya ruam kemerahan yang memicu rasa gatal.

Adapun hal yang bisa di lakukan untuk mengatasi rasa gatal pada payudara adalah :

1.   Memeriksa puting payudara.

Periksa area puting payudara, bila terdapat bercak, pertanda mungkin kondisi kulit sedang kering. Solusinya adalah gosok dengan spons lembut dan gunakan sabun cair yang ringan, seperti sabun bayi.

2.   Menjaga kebersihan payudara.

Jagalah kebersihan payudara dengan selalu memakai bra yang bersih serta nyaman, bra yang di sesuaikan dengan besar kecilnya payudara. Perlu di perhatikan juga dengan pemakaian bra berkawat.

3.   Melepaskan bra.

Cobalah lepas bra pada saat tidur, fungsinya adalah untuk memberi payudara agar lebih relaks, di samping itu tidur dengan menggunakan bra juga bisa menyebabkan menurunnya kualitas tidur. Wanita yang sering menggunakan bra yang kencang ketika tidur bisa mengalami kegelisahan dan tidur tidak nyenyak.

4.   Konsultasi ke dokter.

Jika rasa gatal di rasa sudah tidak wajar, segeralah konsultasi dengan dokter, agar segera di berikan solusi penyembuhannya.