Faktor yang Menentukan Bentuk dan Ukuran Payudara Wanita

Bra Untuk Menentukan Bentuk dan Ukuran Payudara WanitaMEDIKALOGI.COM – Bra adalah merupakan salah satu pakaian dalam yang fungsi utamanya untuk melindungi azet terpenting dari tubuh wanita yaitu payudara.


Kebanyakan wanita memiliki bentuk dan ukuran payudara yang berbeda-beda dan menganggap ukuran payudara normal adalah bra cup B, sehingga ada beberapa dari wanita melakukan sesuatu untuk membuat payudara tampak normal.

Hasil survei oleh sebuah produsen bra membuktikan bahwa 42% wanita memiliki payudara berukuran cup B. Tapi, hal ini tidak membuat mereka yang memakai ukuran lainnya (sekarang tak lagi ukuran konvensional A, B, C, D, tapi sudah sampai HH, ukuran terbesar) menjadi tidak normal.

Sebab, survei ini juga membuktikan bahwa 58% wanita tidak mengenakan ukuran bra standar cup B, jadi tidak ada yang salah dengan memiliki payudara lebih kecil atau lebih besar dari normal. Jadi, faktor apa yang menentukan bentuk dan ukuran payudara wanita?

Berikut beberapa faktor yang menentukan bentuk dan ukuran payudara wanita, seperti :

1.   Faktor genetika

Anda berpayudara kecil, padahal payudara ibu Anda besar? Lalu, Anda menjadi bingung mengapa hal itu terjadi? Apa yang ingin Anda ketahui tentang ukuran dan bentuk payudara? Keturunan adalah salah satu faktor genetika yang mempengaruhi ukuran payudara tapi bukan satu-satunya penyebab ukuran payudara anda.

Jenis makanan yang Anda konsumsi dan jumlah jaringan otot di dada juga berpengaruh. Anda tidak bisa mengira-ngira ukuran payudara dengan melihat ukuran payudara orang tua. Namun, biasanya, jika ibu Anda mempunyai payudara yang besar, Anda juga begitu.

2.   Faktor bentuk badan

Bentuk tubuh juga menentukan ukuran dan bentuk payudara Anda. Bentuk badan yang besar umumnya juga memiliki bentuk payudara yang lebih besar. Oleh karena itu tidak jarang saat orang diet menjadi kurus, bentuk dan ukuran payudara ikut turun.

3.   Faktor suku bangsa

Wanita Jepang memang umumnya memiliki payudara yang kecil dibandingkan dengan wanita Eropa. Namun, suku bangsa bukanlah patokan yang utama untuk menentukan ukuran payudara. Banyak wanita berpayudara kecil dan besar dalam satu suku bangsa. Perbedaan tersebut terjadi di setiap suku.

4.   Faktor gizi dan gaya hidup

Menurut penelitian, ukuran payudara rata-rata berkembang dari 34B menjadi 34C selama beberapa dekade terakhir. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk gizi yang lebih baik dan olahraga yang teratur. Maka dari itu, rajin-rajinlah berolahraga dan makan makanan yang sehat jangan cuma daging-daging saja. Tahukah Anda bahwa makan banyak sayur justru ikut meningkatan ukuran payudara dibandingkan daging.