Cara Memiliki Postur Tubuh yang Ideal

Cara Memiliki Postur Tubuh yang IdealMEDIKALOGI.COM – Semua orang tentu menginginkan postur tubuh yang ideal agar penampilan lebih maksimal. Baik pria maupun wanita tidak ada yang tidak menginginkan memiliki tubuh yang indah.


Banyak orang yang berlomba-lomba untuk selalu melakukan berbagai macam cara agar memiliki bentuk tubuh yang di inginkannya. Bahkan, tidak jarang berbagai macam operasi plastik pun rela dijalani agar dapat tampil lebih muda dan menawan.

Memiliki postur tubuh yang ideal akan mempermudah aktivitas sehari-hari dan tentunya menunjang penampilan yang lebih menarik. Namun, jika Anda memiliki postur tubuh yang buruk, tidak masalah. Karena tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya. Perlu di ketahui jika memiliki bentuk tubuh yang baik dan ideal, Anda akan memperoleh banyak keuntungan dan menjalani hidup lebih bahagia.

Keuntungan memiliki postur tubuh yang baik :

1.   Mencegah/menghilangkan nyeri punggung dan nyeri leher.

2.   Merampingkan bagian tengah tubuh dengan seketika sedikitnya 2 cm dan membantu meratakan perut.

3.   Membuat anda tampak beberapa tahun lebih muda.

4.   Memciptakan tampilan yang lebih mantap.

5.   Memperbaiki kinerja atletik dan mengurangi peluang cedera.

Ciri-ciri memiliki postur tubuh yang baik :

  • Berdirilah dengan kedua kaki berjarak 8-10 cm. Lutut harus dalam keadaan netral, tidak terkunci.
  • Tarik ke dalam otot perut seakan-akan Anda sedang berusaha menarik resleting celana panjang yang ketat. Bayangkan menarik pusar ke punggung, jangan menahan napas.
  • Selanjutnya, angkat bagian depan tulang rusuk seakan-akan ada tali yang dipasang dari tulang dada ke langit-langit, yang menarik anda ke atas.
  • Tarik tulang belikat kebelakang ke arah tulang punggung, lalu tekan ke bawah seakan-akan Anda hendak memasukan tulang belikat ke dalam kantong tulang belakang. Ini dapat membantu anda meluruskan bahu yang membulat.
  • Perlahan-lahan tarik ujung atas kepala ke arah langit-langit, seakan-akan ada tali yang menarik anda ke atas.
  • Sekarang jalan di tempat atau jalan mondar-mandir selama beberapa menit, berusaha menganat ruang tulang rusuk, perut agak di tarik ke dalam, dan tulang belikat ditarik ke belaang. Pastikan Anda mengayunkan anggota badan dengan wajar.

Selama beberapa pekan selanjutnya, setiap kali Anda mendapati tubuh Anda merunduk, luruskan kembali dengan melakukan ke enam langkah di atas. Setiap kali Anda menarik belikat ke belakang dan ke bawah untuk memperkuat otot yang mendukung postur tubuh yang baik.

Langkah berikutnya adalah memperkuat otot lebih lanjut yang dapat mencegah agar bahu dan ruang tulang rusuk tidak membulat ke depan, dan agar perut tidak menggantung.

Latihan Memperbaiki Postur Tubuh

  • Berbaring telentang, lutut di tekuk, kaki rata di lantai.
  • Letakkan lengan merentang di saming tubuh dengan membentuk sudut 45 derajat ke dada.
  • Hadapkan telak tangan ke atas.
  • Tarik napas di saat mengembuskan napas, perlahan-lahan tekan bagian punggung bawah ke lantai. Janan memaksa gerakan apapun. Lalu, tekan bagian tengah punggung ke lantai, lalu bagian atas. Bayangkan menekan seluruh tulang.
  • Selanjutnya, tekan bagian belakang bahu kelantai. Di saat melakukannya, Anda akan merasakan setiap otot di punggung berkontraksi.
  • Jangan bergerak selama sepuluh hitungan, tanpa menahan napas, lalu rileks.
  • Satukan tangan, lalu tarik lengan ke atas. Buat lima lingkaran besar yang mulus- Lima kali searah. Lalu lima kali berlawanan arah yang akan membuat otot punggun atas dan punggung tengah menjadi rileks.
  • Ulangi langkah 1 hingga 7 sebanyak tiga kali.