Tips Untuk Melakukan Pedikur di Rumah Sendiri

Melakukan Pedikur di Rumah SendiriSeperti yang telah ketahui bersama bahwa kaki memiliki tugas berat setiap harinya untuk menopang tubuh saat sedang berjalan ataupuna saat sedang berdiri. oleh sebab itu, kesehatan kaki seharusnya selalu mendapat perhatian yang cukup.


Banyak wanita melakukan perawatan kaki di salon untuk mendapatkan sepasang kaki yang indah, putih, mulus dan seksi. Wanita tahu bahwa kaki merupakan salah satu bagian anggota tubuh yang menunjang penampilan mereka agar terlihat cantik dan seksi. Oleh karena itu, perawatan pada kaki harus dijaga dengan baik.

Sering mengenakan sepatu atau sendal, terkadang membuat kulit kaki terkelupas dan terlihat kusam serta kotor sehingga harus melakukan perawatan terhadap kaki.

Agar kaki kembali bersih secara menyeluruh, wanita melakukan perawatan kaki yang biasanya disebut pedikur. Namun bila sering melakukan pedikur di salon, sudah pasti memerlukan pengeluaran uang yang cukup banyak.

Tips melakukan pedikur di rumah sendiri untuk menghemat pengeluaran uang dari dompet :

1.   Rendam kaki

Ini adalah salah satu langkah penting untuk melakukan pedikur sendiri di rumah. Merendam kaki dengan air hangat tak hanya berguna untuk meluruhkan kotoran yang menempel di permukaan kaki, tetapi juga membuat kulit kaki lebih kenyal dan lembut, sehingga mempermudah pengelupasan kulit mati (eksfoliasi).

Sebelum merendam kaki, pastikan pewarna pada kuku ( jika ada ) Anda sudah dibersihkan. Tambahkan satu sendok teh minyak tea tree untuk menghilangkan bakteri penyebab bau kaki, setengah cangkir garam mandi untuk meremajakan kulit kaki, dan tiga tetes minyak esensial mint atau rosemary (untuk menyembuhkan dan menyegarkan). Rendam kaki Anda selama 5-10 menit.

2.   Gosok kulit yang kasar

Untuk menghilangkan kulit-kulit yang kasar, carilah peluruh kulit mati dengan ukuran yang sedang, seperti gula atau kristal garam, dan cairan pelembapnya, seperti minyak jojoba atau almon. Campurkan sedikit minyak dengan gula, lalu gunakan sebagai alat scrub. Mulailah dari tumit, dan lanjut ke arah jari-jari kaki dengan gerakan memutar, lalu siram dengan air hangat.

3.   Rawat kulit yang kapalan

Kini saatnya menghilangkan kapal pada kulit. Gunakan batu apung/penggosok khusus yang umum digunakan untuk mengusir kulit kapalan di salon. Gosokkan batu apung yang sedikit di basahkan pada kulit yang berkapal, yang sudah diolesi sedikit body wash sebagai pelicin.

Dengan gerakan maju-mundur perlahan, gosokkan batu apung dari tumit ke arah jari-jari kaki. Lakukan dengan perlahan untuk menghilangkan kulit mati di lapisan atas, bukan untuk menggosok daging atau kulit baru di kaki Anda. Jangan pernah mencoba memotong kulit yang kapalan dengan benda tajam (seperti gunting atau alat cukur).

4.   Potong dan kikir

Usahakan untuk hanya mengenakan alat potong kuku khusus kuku kaki. Potonglah menyimpang dengan bentuk rata di depan, dan buat bagian pinggirnya halus dengan memotongnya melengkung. Lalu haluskan dengan alat kikir kuku. Membuat bagian pinggir kuku berbentuk bundar akan membantu mencegah kuku tumbuh di bagian dalam kulit.

5.   Lembapkan dan pijat

Untuk memberikan kelembapan ekstra, gunakan pelembap khusus untuk kaki, karena formulanya sudah dipersiapkan. Lakukan dengan gerakan memutar, aplikasikan krim pelembap ke seluruh telapak kaki hingga ke arah betis. Lalu secara perlahan kembali ke arah telapak kaki dengan sedikit tekanan, berikan pijatan di bagian telapak kaki dan jari-jari kaki. Pijatan yang lembut akan membantu sirkulasi darah pada kaki dan mengurangi pembengkakan.