Cara Memutihkan Kuku

MEDIKALOGI.COM – Kuku merupakan bagian penting dari penampilan perempuan. Jarang ditemukan kuku perempuan kantoran yang berwarna kekuningan dan penuh kotoran. Sebagai pegawai kantoran, penampilan seringkali dituntut untuk bersifat professional seperti laki-laki pada umumnya.


Kuku adalah kontak pertama seseorang dengan orang lain. Bila wanita yang bekerja selalu berhubungan langsung dengan klien setiap harinya, maka kuku tersebut harus diperhatikan dengan seksama.

Cara Memutihkan Kuku

Banyak perawatan salon yang menawarkan perawatan kuku yaitu manicure dan pedicure. Menicure dan pedicure bukan lagi hal baru dalam perawatan tubuh wanita. Keberadaan meni dan pedi dalam jadwal perawatan tubuh seorang wanita hampir sama pentingnya dengan lulur setiap minggu. Meni pedi selain merawat kesehatan kutikula kuku, juga turut membantu mempercantik kuku agar menjadi lebih berkilau.

Selain meni dan pedi, perawatan kuku lainnya yang mulai dikenal dalam jadwal perawatan perempuan adalah nail arts. Seni menghias kuku yang satu ini mulai berkembang di Indonesia dan langsung menarik perhatian banyak wanita yang menggemari kecantikan kuku.

Nail arts biasanya memang memakan harga yang lebih mahal dibanding perawatan manicure dan pedicure pada umumnya. Nail arts membutuhkan kreatifitas dan cat kuku yang tidak hanya satu warna, dibutuhkan beberapa macam warna untuk membuat sebuah hasil karya seni berlandaskan kuku sebagai bahan dasar latarnya.

Kuku wanita yang telah dinail arts biasanya tidak disarkankan melakukan kegiatan rumah tangga atau kegiatan berat lainnya. Nail arts seringkali menggunakan manik-manik kecil sebagai hiasannya, sehingga bila seseorang yang telah melakukan nail arts melakukan aktivitas yang berat menggunakan kukunya, maka nail arts tersebut akan rusak total, dan sulit untuk diperbaiki.

Akan tetapi, ada bahaya lain yang harus diperhatikan dibalik perawatan kecantikan kuku, yaitu warna kuku yang berubah menjadi kuning. Walaupun memiliki harga yang mahal, nail arts yang menggunakan banyak cat kuku dan lem untuk menempel manik-manik dilapisan dasar kuku ternyata dapat membuat kuku berubah warna menjadi kuning.

Kuku juga memiliki pori-pori kecil untuk bernafas, dan penggunaan cat kuku yang terus menerus akan membuat kuku kekurangan sirkulasi udaranya karena tertutup oleh lapisan cat yang terlalu tebal.

Cat kuku mengandung zat berbahaya yang dapat mematikan sel pertumbuhan. Maka jangan sering-sering menghias kuku dengan cat karena kuku yang menjadi kuning mengartikan bahwa kuku berada dalam kondisi mati.

Nah, berikut adalah beberapa cara memutihkan kuku yang bisa Anda coba sendiri di rumah:

Hentikan Cat Kuku

Cara memutihkan kuku yang telah menguning adalah dengan menghentikan penggunaan cat kuku. Biarkan kuku bernafas secara alami tanpa dipenuhi zat-zat berbahaya. Kuku merupakan bagian tubuh yang paling cepat tumbuh, guntinglah kuku secara teratur agar warna kuning dapat cepat terganti dengan warna putih kuku baru.

Rendam Kuku dalam Air Jeruk Lemon

Cara memutihkan kuku kedua adalah dengan merendam jari tangan didalam perasan air jeruk lemon selam beberapa menit. Atau bisa juga sekalian merendam, gosoklah jeruk lemon ke kuku dengan rutin.

Lemon dipercaya mampu menghilangkan noda dan mencerahkan kembali warna kulit ataupun kuku. Bila jeruk lemon dinilai terlalu mahal dan sulit untuk didapat, maka gunakanlah campuran baking soda dengan air hingga kental. Gunakan campuran ini sebagai pelapis lapisan luar kuku seperti mencat, dan diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit sampai satu jam.

Kuku yang dilapisi ini dengan campuran baking soda akan lebih cepat memutih, karena baking soda adalah pemutih alami yang dapat digunakan untuk berbagai macam jenis noda. Cara memutihkan kuku memanglah banyak dan mudah untuk dijalankan, tapi memutihkan kuku membutuhkan waktu yang cukup panjang dan harus rutin dilakukan.