Cara Merawat Kulit Wajah Sehari-Hari Agar Jauh Dari Jerawat

Merawat Kulit Wajah Sehari-Hari Agar Jauh Dari JerawatMenghilangkan jerawat di wajah memang pada kenyataannya memerlukan perawatan secara berkelanjutan sehari-harinya. merawat kulit wajah bersih, sehat, dan bebas jerawat memang harus diawali dengan rutinitas merawat kulit rutin setiap harinya.


Seringkali kita terlalu malas untuk membersihkan wajah di malam hari dan segera pergi tidur tanpa peduli bahwa make up masih melekat di wajah. dan beberapa rutinitas buruk lain yang semestinya dihindari.

Jika tak ingin wajah berjerawat, Anda harus merawat wajah dengan cara dan produk yang tepat. Namun, kalau kulit wajah sudah berjerawat, bagaimana cara merawat yang tepat agar kondisi wajah tak semakin parah?

Berikut cara merawat kulit wajah sehari-hari agar jauh dari jerawat yang menjengkelkan :

1.   Bersihkan wajah dua kali

Anda yang berjerawat tak boleh malas membersihkan wajah. Minimal Anda harus membersihkan wajah dua kali sehari. Sehari-hari, kulit akan mengeluarkan minyak alaminya. Minyak yang bercampur debu akan menyumbat pori-pori jika tidak dibersihkan. Itulah yang akhirnya menimbulkan jerawat.

Ketika berjerawat, membersihkan kulit adalah perawatan yang paling dasar untuk membantu menghilangkan kotoran, minyak, keringat, dan sisa-sisa riasan wajah. Anda juga bisa membersihkan kulit dengan susu pembersih atau facial foam yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Namun, sebaiknya gunakan pembersih yang mengandung benzoil peroksida.

2.   Eksfoliasi

Anda tak bisa membasmi jerawat hanya pada permukaannya. Basmi jerawat hingga akar-akarnya agar tidak muncul lagi di wajah. Untuk itu, Anda perlu melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit secara rutin guna membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati serta mengurangi pembentukan jerawat dan komedo. Eksfoliasi juga membantu melembutkan kulit wajah.

3.   Mengusapkan toner

Setelah menggunakan make-up seharusnya Anda sesegera mungkin menghapusnya, khususnya saat akan tidur malam. Membiarkan riasan tetap menempel di kulit akan menyebabkan jerawat di wajah. Tak perlu waktu lama kok untuk membersihkannya karena Anda hanya membutuhkan toner pembersih saja.

Rendam saja bola kapas dengan toner pembersih Anda, kemudian usapkan perlahan ke wajah sampai make-up bersih sempurna. Pilihlah toner yang bebas alkohol agar tidak membuat kulit Anda kering dan gatal.

4.   Lakukan perawatan kulit musiman

Meski Indonesia hanya memiliki dua jenis musim, yaitu hujan dan kemarau, ini bukan alasan untuk tak melakukan perawatan ekstra setiap bulan. Saat musim hujan, wajah akan cenderung lebih kering. Maka, usahakan untuk menjaga kelembaban kulit dengan banyak minum dan menggunakan pelembab. Ketika musim panas, kulit biasanya akan cenderung berminyak. Lakukan berbagai perawatan kulit yang tepat untuk menghilangkan kelebihan minyak di wajah.

5.   Gunakan lemon

Lemon adalah bahan alami yang bisa membantu menyingkirkan jerawat. Potong saja satu lemon dan gosok irisan buah ini di wajah satu sampai dua kali seminggu. Lemon bisa membantu menyembuhkan jerawat, menghilangkan kulit mati, mengurangi bekas jerawat dari kulit. Setelah mengoleskan lemon ke wajah, Anda harus mengoleskan pelembab agar wajah tidak kering.