Cara Alami Menguatkan Patah Tulang Tanpa Operasi

Setiap dari anda pasti pernah melihat atau bahkan mengalami patah tulang. Patah tulang atau dikenal dengan fraktur sering mengacu pada jenis setiap tulang, bahkan kadang-kadang tulang yang rawan.


Tidak semua patah tulang disebabkan oleh kecelakaan atau trauma, melainkan penderita osteoporosis yang mungkin memiliki tulang yang lemah dapat juga mengalami patah tulang. Hal ini bisa disebabkan tulang yang sudah keropos sehingga dapat patah dengan tekanan yang minimum.

Cara Alami Menguatkan Patah Tulang Tanpa Operasi

Tulang terdiri dari jaringan-jaringan yang aktif yang akan terus selalu diganti dan dihancurkan secara dinamis. Mineral memiliki peran inti (kunci) dalam memainkan proses tersebut, terutama dalam usia 30 tahun pertama kehidupan seseorang.

Patah tulang dapat didefinisikan secara umum yakni ketika kontinutas tulang telah terputus. Gejala awal patah tulang dapat diketahui sebagai berikut:

  • Rasa nyeri yang terletak di bagian yang patah, dan nyeri semakin lama akan semakin memberat apabila digerakkan.
  • Gangguan dari fungsi pergerakan tulang di daerah sekitar yang patah tersebut
  • Kelainan bentuk tulang (deformitas)
  • Bengkak pada daerah kulit di sekitar tulang yang patah tersebut, hal ini disebabkan karena telah pecahnya pembuluh darah di daerah sekitar patahan tulang tersebut

Patah tulang yang dialami oleh orang dewasa dan pada anak-anak tentu berbeda, karena masing-masing  telah memiliki karakteristik yang berbeda pula. Hal ini akan berdampak dalam penanganan patah tulang itu sendiri.

Penyembuhan patah tulang pada anak biasanya lebih cepat daripada orang dewasa. Selain itu, beberapa jenis patah tulang pada anak-anak dapat disembuhkan atau menyambung sendiri secara spontan, hal ini disebabkan anak masih dalam proses pertumbuhan.

Pada orang dewasa, proses penyembuhan atau penanganan patah tulang tidak sebagus atau sebaik pada anak-anak, lempeng pertumbuhan pada orang dewasa juga sudah tertutup, oleh karena itu penanganannya pun cenderung lebih agresif dan intens.

Penyembuhan patah tulang yang normal merupakan suatu proses biologis yang luar biasa, karena patah tulang tersebut dapat sembuh tanpa bekas atau jaringan parut yang menyertainya.

Dengan kata lain, tulang yang patah tersebut akan disambung dengan tulang yang baru. Hal ini tentu berbeda dengan ligamen dimana proses penyembuhannya akan digantikan oleh jaringan parut disekitarnya.

Setiap orang pasti ingin memiliki tulang yang kuat dan sehat, terhindar dari berbagai macam masalah atau penyakit. Bagi yang sudah terlanjur mengalami patah tulang, tak perlu khawatir, berikut kami sajikan cara alami menguatkan patah tulang tanpa operasi, antara lain:

Diet dan Olahraga Ringan

Lakukan diet yang baik dan rutin, terutama saat proses tumbuh kembang tulang. Selain itu, olahraga rutin dan teratur sangat perlu karena hal ini bisa membantu tulang untuk beradaptasi dengan tekanan yang mengenai tulang tersebut. Lakukan olahraga ringan setiap hari.

Olahraga Khusus

Olahraga yang berdampak tinggi seperti berjalan, latihan pliometrik, melompat, lompat tali maupun latihan lainnya dapat juga anda lakukan untuk membantu menguatkan tulang.

Penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa latihan di atas merupakan termasuk jenis olahraga kardio yang mampu berfungsi membakar lemak berlebih atau kalori di dalam  tubuh, juga dapat membantu menguatkan tulang.

Regangkan Tulang

Lakukan peregangan pada  tulang. Peregangan yang dilakukan secara teratur dapat membantu tulang tetap lentur, biasanya waktu 5 menit cukup untuk melakukan perengangan tulang. Setiap gerakan yang kita lakukan yang dapat memberikan tekanan pada tulang belakang bagian pinggul dan tulang lainnya juga dapat membantu tulang agar  tetap sehat dan kuat.

Perhatikan Nutrisi

Faktor yang tak kalah pentingnya yakni makanan atau nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Asam lemak omega 3 dari ikan ternyata dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis (pengeroposan tulang). Sedangkan asam arakidonat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mencegah terjadinya pelemahan pada tulang.

Vitamin D

Pastikan tubuh mendapatkan cukup asupan vitamin D. Hal ini dikarenakan tubuh sering kehilangan kalsium setiap hari melalui urin dan keringat, karena itu kita perlu menggantinya, karena tubuh kita tidak bisa membuatnya sendiri.

Vitamin D sangat penting karena mampu meningkatkan penyerapan kalsium bagi tubuh. Sumber vitamin D dapat kita temukan pada yoghurt, susu, keju, sereal sarapan, jus, sarden, almond, mackerel, salmon, ikan lele, telur ayam, hati sapi, tuna, belut, minyak ikan, dan sayuran hijau. Tapi sebaiknya jangan mengkonsumsi vitamin D secara berlebihan karena dapat mengakibatkan keracunan.

Konsumsi Kalsium

Banyaklah mengkonsumsi kalsium. Untuk membantu penyembuhan patah tulang yang harus sangat diperhatikan yakni konsumsi vitamin D dan kalsium. Jika vitamin D berfungsi mengatur pembentukan pada tulang, maka kalsium merupakan mineral pembentuk massa pada tulang.

Sumber kalsium dapat kita temukan pada produk susu seperti keju, susu, yoghurt, ini biasa disebut kalsium hewani. Sedangkan kalsium nabati dapat ditemukan pada produk-produk kedelai seperti kacang-kacangan (hazelnut, wijen, almond, pistachio), bisa juga dari brokoli dan rumput laut.

Hal-hal Khusus

Selain beberapa anjuran di atas, ada beberapa hal yang dianjurkan untuk Anda perhatikan, antara lain:

  • Hindari makan, minum dan aktifitas yang dapat menghambat penyerapan vitamin D dan kalsium, seperti: kafein, alkohol, minuman bersoda (berkola), dan merokok.
  • Perhatikan obat-obatan yang anda konsumsi
  • Melakukan aktivitas fisik
  • Lakukan tes kepadatan tulang
  • Mengetahui riwayat hidup atau silsilah keturunan yang beresiko mengalami patah tulang.
  • Ketahui faktor-faktor risiko yang dihadapi, seperti wanita lebih cenderung cepat mengalami oestoporosis dibanding dengan lelaki, agar sedini mungkin mencegah atau mengantisipasi terjadinya patah tulang.

Semoga bermanfaat!