Cara Mengobati Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker adalah penyakit mematikan kedua setelah penyakit jantung. Menurut hasil sebuah riset, pasien kanker di dunia meningkat sebanyak 5,25 juta setiap tahun.

Bahkan sebanyak 11 sampai 12 juta orang di dunia saat ini merupakan penderita berbagai jenis kanker. Kanker kelenjar getah bening adalah salah satu jenis kanker yang banyak diderita.

Pada kanker kelenjar getah bening terjadi mutasi sel limfosit normal menjadi sel limfosit yang ganas. Limfosit merupakan salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi melawan kanker. Seperti halnya limfosit normal limfosit ganas bisa tumbuh di berbagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, darah,  sum-sum tulang maupun organ lainnya.

Cara Mengobati Kanker Kelenjar Getah Bening

Penyebab kanker kelenjar getah bening sampai saat ini belum diketahui secara pasti, diduga karena adanya kelainan gen. Selain itu yang mendukung terjadinya kanker kelenjar getah bening ini yaitu adanya proses industrialisasi (pencemaran lingkungan), pengawet dan pewarna makanan sintetis yang dapat menyebabkan mutasi sel limfosit menjadi ganas.

Tipe kanker kelenjar getah bening terbagi menjadi dua yaitu :

  • Non Hodgkin Lymphoma (NHL) dan
  • Hodgkin Lymphoma (HL)

Kanker Kelenjar Getah Bening Non Hodgkin

Kanker kelenjar getah bening Non Hodgkin (NHL) merupakan kanker yang dimulai dari sistem limfatik, jaringan melawan penyakit yang masuk dan menyebar ke seluruh tubuh. Alih-alih memerangi penyakit , limfatik terakumulasi pada kelenjar getah bening hingga terjadilah kanker.

Gejala kanker kelenjar getah bening Non Hodgkin (NHL)

Gejala awal kanker kelenjar getah bening Non Hodgkin yaitu adanya pembengkakan pada daerah leher, ketiak atau pangkal paha tapi tidak terasa sakit pada tahap awal. Gejala lain yang menyertai pembengkakan tersebut yaitu demam, berkeringat di malam hari, kelelahan, penurunan berat badan, sakit perut atau bengkak, kulit sangat gatal, dan nyeri dada.

Cara mengobati kanker kelenjar getah bening Non Hodgkin (NHL)

Ada beberapa metode pengobatan untuk kanker kelenjar getah bening non hodgin (NHL), antara lain:

Radiotherapy

Pasien dengan stadium awal pengobatan dilakukan dengan radiotherapy menggunakan dosis tinggi radiasi untuk menghancurkan sel kanker. Terapi ini dibagi menjadi 2 yaitu, terapi radiasi eksternal dengan mengarahkan ke titik-titik tertentu dalam tubuh dan terapi radiasi internal dengan menginjeksi zat radioaktif dalam atau di dekat kanker melalui jarum.

Kemoterapi

Pengobatan kemoterapi dilakukan pada kanker penderita NHL lanjutan yaitu tingkat menengah ke atas. Dengan caramemberikannya melalui oral atau melalui suntikan untuk membunuh sel kanker yang tumbuh dengan cepat

Biotherapy

Biotherapy merupakan usaha meningkatkan antibody untuk membantu membunuh sel kanker.

Kanker Kelenjar Getang Bening Hodgkin (Hodgkin Lymphoma)

Kanker kelenjar getah bening Hodgkin di sebut juga dengan Hodgkin Lymphoma yaitu kanker dari sistem limfatik yang berasal dari limfosit sel B yang berubah menjadi ganas dan dapat menyebar dari sistem limfatik ke seluruh organ tubuh.

Gejala kanker kelenjar getah bening Hodgkin (Hodgkin Lymphoma)

Gejala kanker kelenjar getah bening Hodgkin (Hodgkin Lymphoma) umumnya menyerupai influenza bahkan tidak ada gejalanya. Ciri-ciri yang sangat khas untuk membantu diagnosa limfoma Hodgkin yaitu sifatnya yang menyebar dengan cepat, dengan pembengkakan yang berkembang dari satu kelenjar getah bening ke kelenjar getah bening berikutnya. Kelenjar getah bening di leher, bawah lengan, di atas tulang selangkaatau di dada dan di atas diafragma.

Pengobatan kanker kelenjar getah bening Hodgkin (Hodgkin Lymphoma)

Pengobatan kanker kelenjar getah bening Hodgkin (Hodgkin Lymphoma) yaitu dengan radiotherapy, kemoterapy, transplantasi sel induk dan biotherapy. Prinsip pengobatan kanker kelenjar getah bening ini sama dengan kanker kelenjar getah bening Non Hodgkin (NHL).

Demikian cara mengobati kanker kelenjar getah bening. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri