Jenis-Jenis Karbon

Jenis-Jenis KarbonKarbon adalah salah satu unsur penting dalam kehidupan makhluk hidup. Ada banyak senyawa yang terbentuk dari karbon.

Keistimewaan karbon adalah kencenderungannya untuk mengikat dirinya sendiri dalam cincin-cincin atau rantai tidak hanya dengan ikatan tunggal tetapi juga ikat ikatan ganda dan rangkap tiga. Akibatnya ada banyak sekali jenis senyawa karbon.

Sampai saat ini diperkirakan terdapat lebih dari 2 juta jenis senyawa karbon. Jumlah tersebut juga semakin meningkat dengan laju sekitar 5% per tahun. Kestabilan termal rantai-rantai karbon tak lain adalah kekuatan dari ikatan tunggal C-C.

Lebih dari 90% senyawa karbon adalah senyawa sintetik sementara sisanya berasal dari makhluk hidup (hewan, jamur, tumbuhan, mikroorganisme) dan fosil mereka (minyak bumi dan batubara).

Istilah karbon diambil dari bahasa latin ‘carbo’ yang berarti arang. Unsur ini telah ditemukan sejak jaman pra-sejarah dan jumlahnya sangat banyak di alam. Selain itu, karbon juga terkandung di bintang, matahari, komet, dan atmosfir palent – planet.

Karbon berbentuk berlian mikroskopik telah ditemukan di beberapa meteor yang jatuh ke bumi. Selain itu berlian alami juga telah ditemukan di kimberlite pipa gunung berapi, Arkansas, Afrika Selatan, dan beberapa tempat lain. Saat ini sekitar 30 % berlian industri di Ametika Serikat adalah hasil sintesis.

Di alam, karbon ditemukan dalam 3 jenis karbon menurut bentuk alotropik yaitu grafit, berlian dan amorphous. Diperkirakan ada bentuk yang keempat yang disebut Ceraphite. Cheraphite atau serafit merupakan bahan yang paling lunak sedangkan bahan yang paling keras adalah berlian.

Grafit

Grafit ditemukan dalam 2 bentuk yaitu alfa dan beta. Grafit memiliki sifat identik, kecuali pada unsur kristal mereka. Pada grafit alami, terdapat sekitar 30 % bentuk beta. Sementara itu bahan sintetis berbentuk alfa.

Bentuk alfa hexagonal bisa dikonversikan ke beta dengan proses mekanikal. Untuk mengembalikan bentuk beta ke alfa, cara yang dapat dilakukan adalah memanaskannya pada suhu di atas 10000 Celsius.

Di tahunn 1969, terdapat bentuk alotrpokik baru karbon yang dihasilkan saat sublimasi grafit pirolotik pada tekanan rendah. Di bawah keadaan vaporasi bebas, karbon terbentuk sebagai kristal – kristal kecil di tepian grafit.

Berlian

Berlain merupakan salah satu alotrop terbaik dari jenis karbon yang mempunyai sifat ekonomi yang tinggi. Sifatnya yang keras dan mempunyai optikal optis membuatnya banyak dipakai dalam berbagai industri dan digunakan sebagai bahan baku perhiasan.

Berlian menjadi mineral alami terkeras di bumi. Tidak ada unsur alam lain yang dapat memotong berlian maupun meregangkannya. Setiap karbon di dalam berlian saling terikat secara kovalen pada 4 atom karbon lain dalam bentuk geometri tetarahedarl.

Tetrahedral kadang membentuk 6 cincin karbon misalnya sikloheksana berbentuk konformasi kursi sehingga ini menyebabkan tidak adanya sudut ikatan yang tegang. Jalinan struktur kovalen yang stabil menyebabkan diamond menjadi sangat keras.

Amorphous

Karbon Amorfos biasa disebut juga sebagai karbon reaktif. Ini adalah alotop karbon yang tidak mempunyai struktur kristalin. Biasanya karbon amorfos disingkat menjadi aC untuk amorfos biasa, ta-C untuk tetrahedral karbon amorfos, dan ac:H untuk amorfos yang terhidrogenasi. Di bidang meneralogi, karbon amorfos adalah jenis karbon yang tidak murni selain berlain dan grafit.

MANFAAT KARBON

Karbon merupakan unsur yang sangat berguna. Kegunaan karbon dalam kehidupan sehari dibagi menjadi dua yaitu grafit dan intan. Grafit banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti bahan hitam untuk pensil, bahan pembuatan krus, pigmen untuk cat hitam, pelumas kering dan elektoda untuk suhu yang tinggi.

Sementara itu, intan digunakan untuk membuat bubuk penggosok untuk roda pengasah, gigi gergaji, dan ujung mata bor. Di bidang pertanian, karbon bermanfaat untuk pembangun bahan organik.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri