Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Makanan Penyebab Asam Urat TinggiSalah satu penyakit yang rentan menimbulkan kematian adalah penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif sangat mudah dialami oleh orang Indonesia. Bahkan saat ini, banyak orang di usia muda sudah digerogoti oleh penyakit degeneratif.

Hal tersebut disebabkan karena penurunan fungsi imun tubuh serta pola hidup dan pola makan yang salah dalam keseharian. Salah satu penyakit degeneratif yang banyak dan sudah umum dialami oleh kebanyakan orang Indonesia adalah sakit asam urat.

Apakah di antara Anda, keluarga, dan sahabat pernah atau sedang mengalami sakit asam urat? Ya, asam urat adalah salah satu penyakit pada tubuh karena adanya kelebihan zat purin.

Zat purin yang berlebihan dalam tubuh dapat disebabkan oleh konsumsi yang berlebihan, maupun terbentuk dalam kondisi yang banyak secara tidak sengaja.

Pada kondisi normal, semua orang memiliki kadar asam urat dalam tubuhnya, namun asam urat menjadi bermasalah dan harus ditangani saat kadarnya menjadi tinggi di dalam tubuh. Hal inilah sering dikenal sebagai sakit asam urat.

Kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh umumnya dikeluarkan. Namun saat kadarnya dalam kondisi tinggi, organ ginjal menjadi tidak dapat mengeluarkan asam urat. Akibatnya asam urat menumpuk di bagian persendian.

Kadar asam urat yang tinggi dalam sendi menyebabkan sakit asam urat dengan gejala nyeri sendi, bengkak pada sendi, meradang atau bahkan sampai menimbulkan batu ginjal.

Penyakit Asam Urat

Apakah Anda tahu tentang asam urat? Sebelum membahasnya lebih lanjut, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang dasar asam urat.

Asam urat merupakan sebutan bagi senyawa yang didapatkan dari proses metabolisme hasil turunan dari purin. Asam urat terbentuk melalui proses katabolisme atau pemecahan nukleotida purin. Zat purin tersebut didapatkan dari berbagai macam bahan makanan yang kita konsumsi.

Nah, sisa proses metabolisme zat purin dari bahan makanan yang kita konsumsilah yang menyebabkan timbulnya sakit asam urat pada tubuh.

Selain dari bahan makanan, purin juga dihasilkan secara alami oleh tubuh karena proses degeneratif, atau penumpukan saat adanya perusakan sel-sel tubuh secara alami karena penuaan. Saat kadar zat purin berlebih, tanda dan gejala asam urat dapat terdeteksi.

Oleh sebab itu, paling baik menghindari sakit asam urat adalah dengan mengontrol makanan dan pola hidup sehat yang baik. Zat purin yang dapat menyebabkan asam urat terdapat pada semua makhluk hidup, seperti binatang atau sayuran yang kita makan.

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Ketika Anda dapat mengatur makanan yang masuk, utamakan untuk menghindari zat makanan yang dapat menyebabkan asam urat menjadi tinggi. Sebaliknya, paling baik untuk memilih makanan dengan kadar protein yang tinggi.

Seperti apa makanan yang dapat menyebabkan asam urat menjadi tinggi? Simak ulasannya berikut!

Makanan dan minuman beralkohol

Tahukan Anda bahwa minuman beralkohol memiliki kadar purin yang sangat tinggi? Jika tidak, Anda harus menghindari atau berhenti mengonsumsinya.

Jeroan dan daging merah

Orang Indonesia dikenal sebagai penikmat jeroan nomor satu. Sayang, Anda wajib menghindari jeroan kambing, sapi, babi, atau ayam sekaligus jika ingin terhindar dari sakit asam urat mendadak. Tidak hanya kandungan kolesterol, jeroan juga dikenal dengan kandungan purin yang tinggi. Selain itu, ingat untuk menghindari makan daging merah bagi Anda pencinta steak.

Sayur tertentu

Di antara banyak sayuran, beberapa sayur dapat menjadi pantangan bagi Anda yang sudah menderita asam urat karena kandungan purinnya yang tinggi. Sayur tersebut adalah kembang kol, asparagus, bayam, dan polong.

Seafood

Seafood tidak selalu bergizi, bagi yang rentan terkena asam urat atau sudah memiliki asam urat, Anda wajib mengontrol konsumsi seafood. Kurangi makan salmon, kerang, dan ikan tuna.

Cara Alami Mengobati Asam Urat

Sebenarnya pengobatan asam urat sangat banyak dijumpai, bisa dengan menggunakan obat-obat dari dokter maupun dengan menggunakan obat herbal untuk asam urat.

Secara khusus kami merekomendasikan Anda untuk mencoba obat asam urat dari bahan-bahan herbal. Selain karena lebih aman dan nyaman, obat herbal untuk asam urat juga cenderung memberikan hasil yang jangka panjang dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

Salah satu obat herbal untuk menuntaskan masalah asam urat adalah Assalam Herbal. Obat herbal Assalam ini sudah terbukti sangat ampuh untuk mengurangi gejala asam urat yang belum parah, juga sangat baik untuk pencegahan penyakit asam urat. Segera kunjungi website resmi penjualan Assalam Herbal di www.obatiasamurat.com untuk informasi selengkapnya!

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri