Mengenal Relaksasi, Kelelahan dan Kram Otot

Relaksasi Otot

Relaksasi otot merupakan proses perenggangan otot setelah berkontraksi. Jika kalsium dipompa kembali ke dalam retikulum sarkoplasma maka serat otot melemas.

Pemompaan kalsium merupakan proses aktif di membran  retikulum sarkoplasma. Proses ini menggunakan energi yang berasal dari penguraian molekul ATP.

Jika kadar kalsium turun, maka troponin dan tropomiosin kembali menghambat pengikatan aktin dan miosin dan kontraksi otot berhenti.

Relaksasi Otot

Kelelahan Otot

Kelelahan otot terjadi jika otot terus bekerja dan menggunakan banyak energi. Dengan adanya pengeluaran energi yang besar maka pada suatu saat tubuh akan kekurangan O2 .

Sedangkan kemampuan tubuh untuk menyediakan O2 tetap. Keadaan inilah yang memaksa tubuh untuk melakukan metabolisme anaerob yang dapat menyebabkan penimbunan asam laktat yang dapat menimbulkan kelelahan.

Kram Otot

Kram otot  adalah timbulnya rasa nyeri pada otot yang berkontraksi tanpa berelaksasi. Ketidakmampuan otot untuk berelaksasi karena kurangnya produksi ATP  untuk kontraksi sehingga tidak tersisa untuk berelaksasi.

ATP digunakan untuk memompa kembali kalsium ke dalam reticulum sarkoplasma sehingga kadarnya berkurang  untuk pengukatan aktin dan miosin terhambat.Kram otot terjadi pada seseorang yang melakukan kontraksi terus menerus.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri