Informasi Perawatan Pasca Operasi Kanker Payudara

Perawatan Pasca Operasi Kanker PayudaraOperasi kanker payudara sebenarnya bukanlah proses akhir dari pengobatan kanker payudara itu. Pasca operasi kanker, pasien wajib melakukan perawatan pasca operasi payudara seperti yang di anjurkan tim medis.

Bukan rahasia lagi, kondisi pasien pasca operasi sangat tidak stabil. Untuk menjaga kondisi pasien pasca operasi ini, sebaiknya pasien benar-benar di perhatikan dan pasien juga harus benar-benar memperhatikan tentang segala anjuran maupun larangan dari dokter ahli bedah.

Pasca operasi di rumah sakit (2-4 minggu)

Setelah seluruh tindakan pembedahan selesai, umumnya pasien akan merasakan kelelahan dan nyeri. Dokter dapat membantu pasien untuk mengurangi rasa sakit melalui obat-obatan.

Rasa tidak nyaman yang dirasakan pasien pasca operasi akan berkurang dalam waktu 24-48 jam kemudian. Pasca operasi, pasien diharuskan tinggal di rumah sakit selama 6-8 hari, dalam kurun waktu ini, hal-hal yang harus diperhatikan :

  • Dalam 48 jam setelah operasi, disarankan untuk memakan makanan yang berupa cairan, seperti susu, jus buah, sup, dan lain-lain.
  • Dilarang merokok, baik secara aktif maupun pasif, karena zat nikotin pada rokok dapat terjadi vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah).
  • Setelah dilakukannya rekonstruksi pada payudara akan muncul sedikit benjolan, yang akan hilang dalam kurun waktu 1 minggu.
  • Dalam proses operasi mungkin pasien membutuhkan tabung penyalur. Setelah operasi, tabung penyalur hanya dapat dicabut dalam pengawasan dokter.
  • Jika pasien menjalani diseksi kelenjar getah bening aksila, ketiak akan terasa nyeri, yang sangat disarankan untuk tidak melakukan olahraga secara berlebihan.
  • Pasien diperbolehkan mandi setelah 1 minggu pasca operasi.
  • Sebaiknya ditanyakan kepada dokter mengenai pakaian apa yang sebaiknya Anda pakai.

Pasca operasi di rumah (setelah 2-4 minggu)

Petunjuk berolahraga

  • Dalam kurun 2 minggu, Anda dapat pelan-pelan mengangkat lengan ke atas, tapi disarankan untuk sangat berhati-hati, untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Setiap hari disarankan melakukan peregangan sedikit demi sedikit, hingga dapat menyentuh ujung kepala dengan normal.
  • Dalam satu bulan pasca operasi, Anda dapat mencoba melakukan olahraga pada bagian bahu, meningkatkan kekuatan dan kelenturan bahu.
  • Setelah satu bulan, luka pada bagian dada dapat ditepuk secara perlahan guna meningkatkan kekebalan dan meringankan bekas luka, tetapi tidak boleh digosok degan keras.
  • Membatasi pekerjaan fisik yang berat, seperti pekerjaan rumah tangga menyedot debu, mengelap jendela, dll. Sebaiknya tunggu sampai Anda benar-benar pulih.
  • Mengenakan bra sangat berhubungan dengan metode rekonstruksi yang Anda jalani, tidak disarankan untuk memakai bra dengan kawat atau renda, dapat mempengaruhi sirkulasi darah atau menimbulkan gatal.

Petunjuk untuk makanan

Untuk mempercepat pemulihan, dan untuk mencegah kekambuhan pada kanker payudara, makanan yang di konsumsi pasca operasi memiliki peran yang sangat penting, seperti :

1.   Banyak mengonsumsi buah-buahan, sayur, dan biji-bijian.

Buah-buahan, sayur dan biji-bijian memiliki kandungan seperti anti-oksidan dan Antiestrogens yang berguna untuk mencegah kanker. Kami menganjurkan memakan 5 porsi buah-buahan dan sayur setiap harinya, misalnya sayuran silangan, sayuran berdaun hijau, sayuran bawang, sayur buah, sayuran labu. Seluruh biji-bijian, kacang-kacangan, dapat memastikan Anda mendapat asupan serat yang tinggi, dan mengubah hormon kanker yang terdapat dalam tubuh.

2.   Mengurangi asupan lemak <30% kalori.

Mengurangi makanan berlemak seperti daging kambing, hati hewan, mentega, es krim, dan lain-lain. Mengurangi makanan dengan asam lemak tinggi seperti makanan yang dipanggang. Memperbanyak konsumsi makanan tidak berlemak seperti ikan, protein kedelai yang dapat mencegah pertumbuhan tumor.

3.   Mengurangi mengkonsumsi makanan yang diawetkan dan yang gosong.

4.   Mengurangi mengkonsumsi alkohol.

5.   Menjaga standar pada kesehatan dan berat badan.

Menghadapi orang lain pasca operasi

Setelah operasi, Anda kembali berhadapan dengan orang-orang di sekitar Anda, seperti pasangan Anda, anak, rekan kerja, dan teman-teman Anda. Anda harus merasa bahagia, karena Anda telah berhasil melakukan langkah awal untuk pencegahan kanker payudara, serta hasil rekonstruksi payudara yang Anda lakukan tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, Anda sebaiknya melakukan rekonstruksi.

Anda dapat berbagi dengan orang lain mengenai pengalaman Anda, jangan menjadikan hal ini sebagai hal yang tabu, beritahu mereka tentang apa yang sebenarnya Anda rasakan.

Anda dapat mengenakan pakaian yang nyaman untuk bersenang-senang bersama keluarga, berenang, berjalan-jalan, menghadiri acara anak Anda yang baru masuk sekolah, berpesta dengan teman Anda, dan kegiatan-kegiatan yang biasa Anda lakukan sebelum Anda melakukan operasi.

Mengenai hubungan fisik dengan pasangan, mungkin ini masalah yang paling Anda takutkan pasca operasi. Kehidupan seks setelah tubuh Anda pulih merupakan hal yang aman-aman saja untuk dilakukan, tapi harus benar-benar menunggu sampai kondisi Anda pulih, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada luka akibat operasi. Yang harus Anda ingat, hidup Anda benar-benar lebih baik dari yang sebelumnya, luka bisa memudar dengan sendirinya, operasi hanya merupakan salah satu kenangan dalam hidup Anda.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

kuku jari ayam patah, ragi tape untuk sakit gigi, pepek anak SD, cara melepas behel dengan baking powder, cara membuat handbody racikan makassar, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri, DAUN wisa, cara membuat henna putih dari handbody, harga talsyn cl