Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Tersiksa

Bagi yang memiliki masalah kegemukan atau yang biasa disebut dengan istilah obesitas, maka menurunkan berat badan adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan.


Hanya saja, harus diakui kebanyakan penderita obesitas menjadi sangat malas untuk melakukan diet lantaran sering merasa tersiksa.

Sebenarnya obesitas bukanlah penyakit. Namun, penyakit bisa menyerang jika kita mengalami obesitas. Biasanya, orang yang mengalami obesitas cenderung terkena penyakit jantung dan gula.

Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Tersiksa

Nah, bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa tersiksa? Berikut ini beberapa metode yang bisa dilakukan agar mendapatkan bentuk tubuh yang ideal tanpa menyiksa:

Jangan Tunda untuk Diet

Tips yang pertama adalah dengan memulainya dari sekarang. Banyak orang ingin turun berat badan tapi tidak melakukan usaha sama sekali. Oleh karena itu, langkah nyata juga harus ditempuh.

Jangan hanya menghayal untuk memiliki badan ideal saja karena berat tidak begitu saja turun. Jangan menundan dan lakukan mulai dari sekarang. Jangan lupa juga untuk membuat target yang spesifik.

Misalnya kamu menargetkan untuk lebih banyak olahraga dan mengurangi makan malam. Agar kamu bisa membayangkan pengaplikasiannya, buatlah target yang spesifik. Misalnya aku akan memasak menu makanan sehat untuk makan malam dan membawa makan siang dari rumah untuk di kantor.

Tingkatkan Kualitas Makanan

Tips yang kedua adalah meningkatkan kualitas sarapan. Agar tidak cenderung lebih banyak makan di siang dan sore hati, maka kamu harus memilih sarapan dengan bijak. Hindari sarapan yang mengandung banyak lemak dan kolesterol. Sebaiknya sarapan mengandung rendah gula dan serat.

Serat sangat berperan dalam mengikis lemak pada tubuh. Makin banyak serat, makin sedikit lemak pada tubuh karena terbuang melalui feses. Cukup sarapan yang mengandung 300-400  kalori.

Jangan sarapan dengan makanan yang tinggi lemak. Sebagai referensi, kamu bisa mengonsumsi setangkup roti gandum panggang isis dadar 1 butir telur dan 1 mangkuk salah. Atau kamu bisa mengonsumsi 1 ekor ikan, semangkuk sayur dan 100 gram nasi. Ketika mengonsumsi, usahakan agar makanan habis dalam waktu 20 menit.

Biasakan juga untuk makan dengan palar dan memperlambat waktu makan. Kalau perlu, undur waktu jam makan kamu. Jangan lupa juga untuk menambahkan buah dan protein dalam menu makanan kamu karena sayur saja tidaklah cukup. untuk meningkatkan metabolisme, tubuh perlu 15-20% protein dari setiap menunya.

Perbanyak Minum Air Putih

Tips selanjutnya adalah perbanyak minum air putih dan olahraga dengan teratur. Sistem metabolism tubuh akan terganggun jika kita kurang minum. Kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi karena memperberat kerja ginjal. Bobot tubuh bisa turun hingga 2,5 kg dalam setahun hanya dengan meminum air.

Minum air sebanyak 1,5 liter tiap harinya atau sebanyak 8 hingga 10 gelas jika ingin  berat badan turun. Selain itu, seimbangkan dengan olaharaga secara teratur. Cukup lakukan latihana kardo selama 30 menit minimal tiga kali dalam seminggu.

Agar tubuh lebih proposional, tambahkan weight training. Dengan begitu, lemak akan terbakar dan diolah menjadi energi. Agar lebih menyenangkan pilih olaharaga kardio yang kamu sukai, mislanya renang, lari, bersepeda atau futsal.

Kontrol Nutrisi dan Istirahat yang Cukup

Tips yang terakhir adalah control nutrisi dan tidur yang teratur. Gunakan karbohidrat kompleks dan hinder makan berlemak tinggi. Konsumsi nasi merah dan roti gandung dan jangan lupa untuk tetap mengonsumi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Agar kondisi tubuh bisa pulih setelah beraktivitas seharian, tidurlah secukupnya sektiar 6-8 jam setiap harinya.

Selamat mencoba!