Tips dan Cara Melembutkan Rambut

Panas, hujan, polusi, keringat, angin, dan bahkan ruangan ber-AC pun dapat menjadi penyebab rambut menjadi kusut dan tidak mudah diatur. Rambut membutuhkan perhatian khusus agar tetap sehat dan terlihat berkilau dalam cuaca dan kondisi apapun.


Lapisan terluar rambut adalah lapisan yang paling sering terkena paparan sinar matahari. Sehingga lapisan luar rambut lebih mudah tampak kusam dan beterbangan kemana-mana.

Sedangkan bagian ujung rambut paling bawah adalah rambut tua, yang lebih mudah bercabang, dan kusut. Bagaikan manusia, rambut pun memiliki umur. Hanya umur rambut lebih cepat mengalami proses penuaan dibanding umur manusia.

Cara Melembutkan Rambut

Ujung rambut yang tua akan sulit untuk disehatkan kembali, satu-satunya cara adalah memotong ujung rambut secara berkala setiap 6 bulan sekali agar rambut kembali sehat dan rambut yang tua tidak mengganggu proses pertumbuhan rambut lainnya. Selain itu, akar rambut pun harus terus dijaga kekuatannya. Banyak produk kecantikan rambut yang mudah ditemui dan digunakkan untuk menjaga kekuatan akar rambut.

Salah satunya adalah menggunakan serum agar rambut terus terjaga dan tidak mudah rontok baik sebagian ataupun keseluruhan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini maka langkah dasar dalam cara melembutkan rambut telah dijalankan dengan baik.

Akan tetapi, seringkali langkah tersebut masih belum cukup untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut agar rambut selalu tampil lembut disetiap kondisi dan aktivitas yang kita jalani. Ada tahapan penting lainnya yang perlu diperhatikan, yaitu ketika mencuci rambut. Minyak di rambut bukanlah suatu hal yang salah.

Rambut membutuhkan minyak alaminya agar rambut tidak kering dan dapat menangkal radikal bebas dari lingkungan sekitar. Akan tetapi, seringkali masyarakat terkena tipuan dari produk-produk perawatan rambut yang mengindikasikan bahwa rambut harus dicuci setiap hari. Mencuci rambut setiap hari bukan hanya akan menghilangkan minyak alami rambut, tapi juga membuat rambut kehilangan kekuatannya dan lebih condong mudah rontok.

Cucilah rambut minimal 2 hari sekali, agar rambut memiliki kesempatan untuk menghasilkan minyak alami rambut. Selain itu, bila mencuci rambut jangan lupa untuk menggunakan shampoo dan kondisioner karena menggunakan shampoo saja setiap kali mencuci rambut tidak akan membuat rambut kembali lembut.

Kondisi lingkungan yang berbeda antara dulu dan sekarang, membuat rambut membutuhkan perhatian lebih, yaitu dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner yang didalamnya mengandung silikon menjadi salah satu rahasia sebagai cara melembutkan rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang lembut, sebaiknya hindari pula pemakaian alat-alat yang dapat merubah gaya rambut dengan menggunakan panas listrik. Panas dari berbagai alat baik alat pengering, pengeriting, hingga alat pelurus rambut yang biasanya digunakan sehari-hari memiliki efek yang sama dengan melicin rambut.

Panas dari alat tersebut, membuat tekstur rambut menjadi keras dan tidak bercahaya. Bilapun alat-alat modifikasi rambut ini dibutuhkan, maka jangan lupa untuk menggunakan produk yang berfungsi sebagai pelapis lapisan rambut bagian luar.

Sehingga ketika rambut terkena langsung panas yang tinggi dari alat-alat tersebut, kerusakan yang diderita rambut tidak akan begitu besar. Kerusakan tersebut dapat diminimalisir serendah dan sedini mungkin bila penggunaan alat modifikasi rambut jarang digunakkan.

Biarkanlah rambut mengering dengan sendirinya secara alami, agar kesehatan dan cahaya rambut selalu terjaga. Cara melembutkan rambut, memang gampang-gampang susah. Dibutuhkan ketalenan dan waktu yang cukup untuk merawat rambut disetiap minggunya. Bila tidak telaten, rambut akan tampak kusam dan berantakan.