Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh hati dan sangat penting untuk fungsi organ dalam tubuh. Kolesterol secara alami terdapat dalam dinding sel atau selaput di dalam tubuh, termasuk otak, saraf, otot, kulit, hati, usus, dan jantung.


Dalam kondisi normal kolesterol berfungsi sebagai pembangun dan pemelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk agar tidak masuk ke dalam sel, terlibat dalam produksi hormon, dan membantu produksi empedu.

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bukanlah sebuah penyakit tetapi merupakan suatu keadaan tubuh yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit. Penyakit yang dapat diakibatkan oleh kolesterol yang tinggi diantaranya yaitu penyakit jantung, stroke, diabetes dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

FAKTOR PENYEBAB KOLESTEROL TINGGI

Nah, di bawah ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh, antara lain:

Pola makan

Mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol. Lemak jenis ini banyak ditemukan pada daging jeroan, keju, minyak kelapa, daging unggas, telur, kue-kue, dan berbagai jenis makanan yang digoreng.

Berat badan

Tumpukan lemak di sekitar pinggang dan perut bukan hanya membuat Anda repot mencari celana yang pas, tapi juga dapat beresiko meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.

Tingkat aktivitas

Kurangnya  aktivitas juga bisa meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan membuat HDL atau kolesterol baik menurun.

Usia dan jenis kelamin

Di atas usia 20 tahun kadar kolesterol secara alami cenderung meningkat kecuali jika Anda melakukan sesuatu untuk menghentikan kecenderungan itu.

Kesehatan keseluruhan

Lakukanlah pemeriksaan kesehatan Anda secara rutin dan mintalah dokter menjelaskan risiko Anda terhadap berbagai penyakit. Menderita berbagai jenis penyakit, seperti diabetes atau hipotiroid dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Faktor keturunan

Ada orang-orang tertentu yang tetap mempunyai kadar kolesterol tinggi walaupun dia sudah menjalankan pola hidup sehat dan seimbang. Faktor keturunan ternyata juga berperan dalam terjadinya kolesterol tinggi.

Merokok

Anda pasti sudah tahu bahaya dari merokok. Selain merusak paru-paru kebiasaan merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

CIRI-CIRI PENDERITA KOLESTEROL TINGGI

Ada ciri-ciri atau tanda orang menderita menderita kolesterol tinggi diantaranya adalah:

Sering merasa pegal di tengkuk dan pundak

Pegal di tengkuk dan pundakadalah implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah yang terjadi di daerah tersebut. Aliran darah yang tidak lancar disebabkan adanya penyumbatan terhadap pembuluh oleh kolesterol.

Sering kesemutan di tangan dan kaki

Hampir sama dengan pegal kesemutan disebabkan adanya implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah secara normal.

Sering pusing pada bagian kepala belakang

Pusing di bagan kepala belakng terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala. Penyumbatan tersebut terjadi karena kolesterol yang mulai membentuk plak pada pembuluh darah. Jika terus dibiarkan maka pembuluh darah dapat pecah dan menyebabkan stroke.

Dada sebelah kiri seperti tertusuk

Dada sebelah kiri berhubungan langsung dengan organ pemompa darah yaitu jantung. Penyumbatan di pembuluh darah sekitar jantung bisa mengakibatkan rasa sakit seperti tertusuk. Bahkan rasa sakit tersebut bisa menjalar hingga ke daerah di sekitar leher. Sakit dada juga bisa menjadi tanda-tanda dari serangan jantung.

Sering merasa pegal pada tangan dan kaki

Pembuluh darah pada tangan dan kaki juga bisa tersumbat akibat penumpukan kolesterol. Pegal pada tangan dan kaki biasanya terjadi secara terus menerus meskipun tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat.

###

Demikianlah ciri-ciri kolesterol tinggi. Jika Anda merasakan hal yang sama seperti ciri-ciri kolesterol tinggi di atas Anda harus mewaspadainya dan segeralah periksakan ke dokter.