Cara Mengobati Sinusitis

Cara Mengobati SinusitisSinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada sinus hidung. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh bakteri atau infeksi virus yang dipicu oleh alergi atau iritasi lingkungan.


Ada dua jenis penyakit sinusitis yaitu, sinusitis akut dan sinusitis kronis. Sinusitis akut berlangsung selama empat minggu dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus.

Sinusitis kronis berlangsung selama delapan minggu, sinusitis kronis lebih sulit diobati daripada sinusitis akut.

Gejala sinusitis mencakup sakit atau tekanan yang terjadi pada bagian tengah tubuh mulai dari sakit kepala, wajah, hidung tersumbat, demam, hilangnya indra penciuman, dan nasal discharge kuning atau hijau.

Untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit sinusitis, kamu membutuhkan kantong air panas (hot water bag), alat uap (vaporizer), handuk bersih, larutan garam atau saline solution/water, dan obat-obatan tertentu. Dalam artikel kali ini saya akan membahas cara mengobati sinusitis.

Berikut adalah beberapa cara mengobati sinusitis, antara lain:

  • Apabila sinus terasa sakit gunakan obat ibuprofen atau obat yang sejenis jika kamu tidak tahu kamu bisa tanyakan kepada dokter kamu, obat ini berfungsi untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh tekanan sinus dan dapat mengurangi demam kamu. Selain dapat mengurangi rasa sakit dan tekanan, ibuprofen juga sangat efektif untuk mengurangi peradangan.
  • Letakkan handuk hangat dan agak sedikit basah di wajah kamu selama 15 menit, lakukan cara ini tiga atau empat kali setiap hari. Panas dapat mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan kemampetan pada hidung. Selain itu kamu bisa menggunakan tas air panas untuk menggantikan handuk, tapi kamu harus hati-hati jangan sampai tas air panas tersebut terlalu panas karena dapat berpengaruh terhadap pori-pori kulit wajah kamu.
  • Apabila sinusitis yang kamu derita tergolong sinusitis alergi atau muncul karena adanya alergi kamu harus menghindari alergen yang diketahui, bisa menggunakan histamin, dan jauhilah parfum, asap dan pemicu iritasi lainnya.
  • Siram hidung kamu dengan larutan air garam yang bisa kamu beli di toko-toko obat dan apotek. Larutan air garam (saline solution) juga bisakamu buat di rumah yaitu dengan mencampur 1 sendok teh garam meja dan sejumput baking soda kemudian di campur dengan 2 cangkir air hangat.
  • Lembabkan udara di rumah kamu dengan menggunakan alat uap atau vaporizer. Kamu juga bisa mandi air panas dengan pintu kamar mandi ditutup rapat, atau dengan cara mengisi mangkuk besar dengan uap air dan bersandar di atasnya untuk menghirup uap tersebut.
  • Kurangi peradangan pada selaput lendir kamu dengan menyiapkan dekongestan seperti, pseudoefedrin hidroklorida. Dekongestan berguna untuk menyempitkan pembuluh darah di sinus juga membran hidung, sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan meningkatkan drainase. Menurut beberapa ahli kedokteran semprotan nasal dekongestan biasanya sangat efektif untuk mengurangi gejala sinusitis tetapi bisa memicu kemampetan jika digunakan secara berlebih.
  • Kurangi tekanan dalam rongga sinus kamu dengan mucolytic contohnya guaifenesin. Menurut beberapa ahli kedokteran mukolitik atau ekspektoran harus digunakan minimal satu minggu untuk mengobati sinusitis tersebut.
  • Minum antibiotik bila sinusitis yang kamu derita disebabkan oleh infeksi bakteri. Meskipun jenis dan dosis antibiotik tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan penyakit yang di derita, antibiotik biasanya digunakan selama 10 hari.
  • Tanyakan kepada dokter kamu tentang pengobatan untuk sinusitis kronis. Jika cara pengobatan lainnya gagal, operasi mungkin jalan terbaik untuk memperbaiki drainase dan mengurangi penyumbatan hidung akibat sinusitis. Pembedahan berguna untuk memperbesar pembukaan sinus, mengobati polip yang bermasalah dan cacat anatomi yang mungkin berkontribusi terhadap sinusitis.

Demikian cara mengobati sinusitis yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga cara mengobati sinusitis di atas dapat berguna untuk kamu. Semoga lekas sembuh.