Tips Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Loading...

Tips Menghilangkan Ketombe Secara AlamiSebagian besar orang banyak yang mengalami masalah pada kulit kepalanya yang biasa disebut dengan ketombe. Ketombe bisa membuat kita jengkel serta membuat kita menjadi kurang percaya diri.

Ketombe terjadi karena adanya pengelupasan kulit kepala yang berlebihan, pengelupasan ini terjadi dikarenakan bagian kulit kepala kita tidak terawat atau kurang bersih, sehingga menyebabkan sel kulit mati, sel kulit mati ini kemudian akan mengalami pengelupasan.

Ketombe ini hanyalah sel kulit mati yang tidak terawat kemudian menumpuk di kulit kepala yang menyebabkan rambut rontok satu persatu.

Sebenarnya sel kulit mati ini kulit kepala yang mengelupas ini sangatlah wajar. Namun, jika pengelupasan kulit kepala ini berlangsung dan berlebihan tentunya bukan hal yang wajar.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sejumlah tips dan cara menghilangkan ketombe menggunakan herbal secara alami, antara lain sebagai berikut:

Lidah Buaya

Tumbuhan yang satu ini memang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Lidah buaya ini sering kali dimanfaatkan oleh banyak orang untuk digunakan sebagai obat herbal alami terutama dalam hal menyehatkan rambut.

Cara menggunakan untuk menghilangkan ketombe adalah dengan cara mengambil 1 helai lidah buaya, ambil bagian dagingnya dan tumbuk hingga halus. Selanjutnya oleskan tumbukan tersebut ke area rambut, lalu diamkan sekitar 15 menit lalu basuh rambut dengan air bersih.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, minyak zaitun ini selain bermanfaat untuk wajah, bisa juga digunakan untuk menghilangkan ketombe di kepala.

Cara menggunakannya, siapkan minyak zaitun dan oleskan ke seluruh area di kulit kepala serta dibarengin dengan sedikit pijatan lalu bungkus rambut anda dengan menggunakan handuk bersih lalu diamkan kurang lebih sekitar satu jam, lalu bilas rambut menggunakan ari bersih.

Daun Pandan

Daun pandan ini juga ternyata bisa juga kita  digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya menggunakannya, ambilah sekitar 6 daun pandan, kemudian cuci hingga bersih, lalu tumbuk hingga halus lalu masukan ke dalam wadah, lalu peras ambil airnya.

Setelah selesai usapkan air perasan tersebut ke bagian rambut anda secara merata, lalu diampak sekitar 30 menit, lalu bilas rambut anda menggunakan air bersih.

Jeruk Nipis, Nanas, dan Santan

Buah-buahan ini memang terkenal akan manfaatnya, selain sangat baik untuk kesehatan kulit, ternyata buah-buahan ini bisa menjadi salah satu solusi bahi anda untuk menghilangkan ketombe.

Cara menggunakannya, siapkan jeruk nipis dan nanas, lalu ambilah air perasan dari masing masing buah sekitar 100 ml, kemudian campurakan hasil air perasan dari masing masing buag tadi dengan 100 ml santan, lalu aduk secara merata kemudian hasil campuran dari ketiga air tersebut sudah bisa anda gunakan untuk cara menghilangkan ketombe anda dengan cara membasuhkannya ke rambut anda. Lakukanlah cara ini secara rutin sekitar 2 kali dalam seminggu.

***

Nah itulah beberapa tips dan cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan-bahan herbal secara alami.  Sebenarnya cara menghilangkan ketombe ini jika anda kerjakan dengan cara yang tepan dan sesuai dengan anjuran yang ada, secara tidak langsung ketombe anda akan hilang dan anda bisa terbebas dari masalah ketombean.

Semoga artikel ini bisa membantu anda yang mengalami masalah kulit kepala atau ketombean. Selamat mencoba!

Loading...