Tips dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Loading...

Tips dan Cara Menghilangkan Bau MulutBau mulut yang keluar dari mulut Anda tentunya akan mengganggu orang di sekitar Anda sehingga sedikit banyak memberikan citra buruk.

Apalagi untuk Anda yang bergelut di dunia kerja yang membutuhkan banyak waktu untuk public speaking seperti halnya berbicara di depan umum.

Bau mulut memang dapat disebabkan oleh berbagai hal, beberapa jenis penyakit seperti amandel, radang tenggorokan, gangguan pencernaan juga dapat menjadi pemicu bau mulut yang tidak sedap.

Adapun beberapa jenis makanan juga dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Selain karena penyakit serta makanan bakteri yang bersembunyi di rongga mulut pun merupakan salah satu penyebab paling umum dari bau mulut yang tidak sedap tersebut.

Bakteri-bakteri yang bersembunyi di dalam rongga mulut tersebut memiliki kemampuan untuk membusukkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi serta memproduksi senyawa belerang yang mudah menguap.

Itulah sebabnya mengapa Anda harus merawat kesehatan mulut Anda karena faktanya untuk beberapa orang menggosok gigi dua kali sehari saja tidak cukup untuk menjaga supaya mulut kita tetap segar sehingga akan terhindar dari bau mulut.

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bau Mulut

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau mulut:

Daun sirih

Sejak dahulu obat daun sirih sudah dipercaya bisa menjaga kesehatan gigi . Kandungan minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih bersifat antiseptik yang bisa membasmi bakteri jahat dengan efektif.

Cara pemanfaatannya cukup mudah langkah pertama cuci bersih daun sirih, remas-remas lalu rebus. Setelah dingin jadikan air hasil rebusan daun sirih ini sebagai obat kumur.

Garam

Garam tak hanya mampu mengatasi pendarahan pada gusi, radang gusi dan gusi bernanah, bumbu dapur tersebut ini juga bisa menetralkan keasaman mulut sekaligus membunuh bakteri yang merusak gigi yang menimbulkan bau mulut. Cara pemanfaatanya campurkan ½ sdt garam dan ½ sdt soda kue dalam setengah cangkir air kemuadian duk rata dan berkumurlah.

Jeruk nipis

Jeruk nipis ternyata juga dapat membantu mengembalikan kesegaran napas kita. Kandungan minyak limonoids yang terkandung dalam buah hijau ini bersifat aromatik dan bisa mengharumkan serta menyegarkan mulut. Cara pemanfaatanya peras jeruk nipis, lalu campurkan dengan sedikit madu. Kemudian minum larutan tersebut 1hingga 2 kali sehari.

Tips dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami yang telah dijelaskan di atas, bau mulut yang tidak sedap juga dapat diatasi dengan berbagai cara di bawah ini, antara lain:

  • Selalu menjaga kesehatan mulut Anda dengan menggosok gigi Anda secara rutin minimal 3 kali sehari pada pagi hari, siang dan malam hari sebelum tidur. Selain itu bagian langit-langit mulut dan juga lidah harusdibersihkan juga, karena sisa-sisa makanan biasanya menempel pada bagian itu.
  • Hindari rokok dan alkohol karena hal itu dapat memicu terjadinya gingivitis serta periodontitis yang dapat memperburuk kebersihan mulut Anda.
  • Mengkonsumsi keju juga bisa membantu memerangi bakteri pada mulut kita, karena keju sangat kaya akan kalsium, rendah karbohidrat dan mengandung fosfat sehingga sangat bermanfaat untuk menambah produktivitas air liur yang berguna untuk mengurangi tumbuhnya karang gigi.
  • Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mempunyai bau yang sangat menyengat seperti, petai, durian atau bawang.
  • Minum air putih yang banyak juga bermanfaat untuk menjaga ketersediaan air dalam tubuh tetap seimbang sehingga mulut tetap segar.
  • Mengkonsumsi banyak vitamin C juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau mulut Anda, tetapi konsumsilah vitamin C dari buah-buahan segar jangan mengkonsumsi dari suplemen karena akan memperburuk aroma tidak sedap pada mulut Anda.
  • Berkumurlah menggunakan obat kumur sebelum Anda tidur. Hal ini dapat mengurangi halitosis selama Anda tidur dimalam hari.

Demikianlah sejumlah tips dan cara serta bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau mulut yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!

Loading...