6 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Loading...

6 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan MataMata adalah salah satu organ yang penting yang wajib kita jaga. Mata adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepan manusia karena peran dan fungsinya yang sangat besar.

Oleh karena itu setiap orang pasti menginginkan kondisi matanya tetap sehat sampai kapanpun. Tidak terbayangkan jika manusia hidup tanpa memiliki mata, bagaimana dia bisa membaca, menulis, melihat keindahan alam ini.

Akan tidak nyaman rasanya jikalau mata manusia itu tidak sehat atau sedang terkena gangguan akibat penyakit mata. Mata merupakan modal berharga bagi kehidupan setiap manusia, maka dari itu kita perlu menjaga kesehatan mata.

Agar mata anda tetap berfungsi sebagaimana mestinya, anda wajib untuk menjaganya serta memeriksa kesehatan mata anda kepada dokter spesialis mata secara rutin.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara sederhana untuk menjaga kesehatan mata Anda:

Perhatikan jarak saat menonton TV

Jarak aman saat menonton TV adalah 2 kali lebih besar dari ukuran TV terserbut, misalnya ukuran TV 14 inch maka jarak amanya sekitar kurang lebih 2 meter dan 3 meter untuk ukurang yang lebih besar lagi, dan sebaikknya anda menggunakan televise yang berukuran kecil saja agar tidak berpengaruh terhadap kesehatan mata anda.

Perhatikan lamanya berhadapan dengan komputer

Usahakan anda tidak menatap layar komputer dalam waktu yang lama. Anda bisa mengatur agar setiap 1 hingga 2 jam sekali, cukup dengan mengistirahatkan mata anda dari layar komputer maupun televisi dan lakukan kurang lebih 5 sampai 10 menit sehingga pandangan tidak hanya fokus pada satu tempat.

Menghindari debu dengan menggunakan kacamata

Debu sangat berperan sekali dalam merusak kesehatan mata anda, pada saat anda berpergian ke luar ruangan, misalnya pergi ke jalan raya sebaiknya anda menggunakan masker atau pelindung mata agar debu-debu yang masuk ke mata bisa terminimalisir.

Usahakan hindari debu yang masuk ke mata karena dapat membuat mata menjadi infeksi dan membuat resiko mata anda menjadi katarak. Dengan menggunakan kaca mata, anda bisa menghindari mata anda dari sorotan sinar UV yang merupakan salah satu penyebab pengerasan lensa, katarak serta terjadinya penurunan penglihatan akibat adanya gangguan di pusat retina.

Lakukan olahraga secara teratur

Dengan melakukan olahraga anda dapat menurunkan ketengangan mata anda sehinggi mengurangi resiko glaucoma. Ada banyak olahraga yang dapat anda lakukan dalam menjaga kesehatan mata anda, misalnya dengan treadmill, jogging, gym dan lain sebagainya yang bisa anda lakukan secra rutin serta konsisten.

Periksa mata secara rutin

Dengan melakukan periksa mata secara rutin kepada dokter spesialis mata, maka resiko anda untuk terkena segala masalah pada kesehata mata anda dapat dikurangi sebelum masalah penyakit mata itu datang.

Jika anda memeriksa mata secara rutin, mada sudah pasti bisa terdeteksi terlebih dahulu gangguan mata yang anda sedang alami, seihingga bisa segera diatasi atau diobati.

Konsumsi makanan penyehat mata

Konsumsilah makanan makanan yang dapat menyehatkan mata anda. Ada banyak jenis makanan yang bisa anda konsumsi dalam menjaga kesehatan mata anda, seperti wortel yang kaya akan dengan vitamin A, alpukat, brokoli yang termasuk ke dalam sayuran hijau, bayam, kol, tomat, bawang putih, telur dan juga ikan salmon.

Dengan anda banyak mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata anda ini maka kemungkinan mata anda akan selalu segan dan terhindar dari berbagai macam penyakit mata seperti katarak, glaucoma, dan lain sebagainya.

####

Nah, demikianlah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata Anda.  Semoga bermanfaat.

Loading...