Tanda dan Gejala Awal yang Menyebabkan Kanker

Cek Medis Untuk Mengetahui Tanda dan Kejala KankerTak dapat dipungkiri, bila penyakit kanker merupakan penyakit yang berbahaya dan di takuti semua orang. Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling parah di seluruh dunia. Ada beberapa jenis kanker yang paling umum sering menyerang manusia diantaranya kanker paru-paru, payudara, colorectal, prostat, leher rahim dan hati.

Perlu kita ketahui bahwa di antara sekian banyak jenis kanker, memang ada yang tidak memberikan gejala pada awal perkembangannya. Tanda-tanda biasanya baru tampak setelah kanker berkembang pesat. Padahal, dengan mewaspadai dan menemukan gejala kanker sejak dini, tentu pengobatan akan relatif menjadi lebih mudah.

Sebuah tanda dan gejala merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Biasanya seseorang yang mengidap suatu penyakit itu tak mengetahuinya namun tanda sinyal dapat dilihat atau di ketahui oleh seorang dokter, perawat, atau ahli kesehatan lain.

Memiliki satu gejala atau tanda mungkin tidak cukup untuk mencari tahu apa penyebabnya. Sebagai contoh, ruam pada anak dapat menjadi tanda dari sejumlah hal, seperti poison, penyakit menular seperti campak, infeksi kulit, atau alergi makanan. Tapi jika anak memiliki ruam bersama dengan tanda-tanda dan gejala seperti demam tinggi, menggigil, perasaan sakit, dan sakit tenggorokan, kemudian seorang dokter dapat memperoleh gambaran yang lebih baik dari penyakit.

Dalam banyak kasus, pasien tanda-tanda dan gejala itu sendiri tidak memberikan petunjuk yang cukup dokter untuk mengetahui penyebab dari suatu penyakit. Kemudian tes medis, seperti x-ray, tes darah, atau mungkin diperlukan biopsi.

Tanda-tanda dan gejala yang menyebabkan kanker

Kanker adalah sekelompok penyakit yang dapat menyebabkan hampir semua tanda atau gejala. Tanda-tanda dan gejala akan tergantung pada di mana kanker berada, seberapa besar itu, dan berapa banyak mempengaruhi organ atau jaringan di dekatnya. Jika kanker telah menyebar (metastasis), gejala dapat muncul di berbagai bagian tubuh.

Apa bila kanker tumbuh, ia dapat mulai untuk mendorong pada organ terdekat, pembuluh darah, dan saraf. Tekanan ini membuat sebagian dari tanda-tanda dan gejala kanker. Bila kanker di daerah kritis, seperti bagian-bagian tertentu dari otak, bahkan tumor terkecil dapat menyebabkan gejala awal.

Tapi kadang-kadang kanker dimulai di tempat-tempat itu tidak akan menimbulkan gejala sampai tumbuh cukup besar. Pankreas kanker misalnya, biasanya tidak tumbuh cukup besar dirasakan dari luar tubuh. Beberapa kanker pankreas tidak menyebabkan gejala sampai mereka mulai tumbuh di sekitar dekat saraf (ini menyebabkan sakit punggung).

Lain tumbuh di sekitar saluran empedu dan menghambat aliran empedu. Ini menyebabkan mata menguning dan kulit yang disebut penyakit kuning. Pada saat sebuah kanker pankreas menyebabkan tanda-tanda atau gejala, biasanya dalam stadium lanjut. Ini berarti telah tumbuh dan menyebar melampaui tempat itu mulai – pankreas.

Sebuah kanker juga dapat menyebabkan gejala seperti demam, kelelahan ekstrem (kelelahan), atau kehilangan berat badan. Ini mungkin karena sel-sel kanker menghabiskan banyak pasokan energi tubuh, atau mereka dapat melepaskan zat-zat yang mengubah cara tubuh membuat energi dari makanan. Atau kanker dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi dengan cara-cara yang menghasilkan gejala-gejala ini.

Kadang-kadang, sel-sel kanker melepaskan zat ke dalam aliran darah yang menyebabkan gejala yang tidak biasanya berhubungan dengan kanker. Sebagai contoh, beberapa kanker pankreas dapat melepaskan zat yang menyebabkan gumpalan darah di pembuluh darah kaki. Beberapa kanker paru-paru membuat hormon seperti zat-zat yang meningkatkan tingkat kalsium darah. Ini mempengaruhi saraf dan otot, membuat orang merasa lemah dan pusing.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri