Pengertian Hepatitis Serta Jenis-Jenis Hepatitis

Pengertian Hepatitis dan Jenis-Jenis HepatitisAda begitu banyak pengertian tentang hepatitis. Pengertian tentang penyakit hepatitis juga dapat diartikan sebagai peradangan pada hati yang diakibatkan oleh bermacam-macam penyebab.

Hepatitis dapat juga ditularkan oleh infeksi yang bernama Cytomegalovirus (CMW) dan virus yang bernama Monoknukleosis Infeksiosa. Adapun jenis hepatitis yang disebabkan bukan dari virus atau non-virus adalah karena seseorang gemar mengkonsumsi alkohol serta obat-obatan terlarang.

Pengertian hepatitis juga dapat dibedakan dari beberapa jenis hepatitis yang umumnya ditentukan oleh faktor penyebab. Penyebab hepatitis adalah virus yang terbagi ke dalam lima jenis dan di tambah dua jenis, yaitu jenis hepatitis A, B, C, D, E, F, dan G.

Pengertian hepatis secara lebih dalam dapat diartikan sebagai peradangan pada fungsi hati yang di akibatkan oleh agen yang menjadi penyebab infeksi, serta toksin dan obat termaksud senyawa kimia lainnya.

Berikut ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang beberapa pengertian hepatitis menurut yang saya ketahui dan dapat Anda mempelajarinya, yaitu :

1.   Hepatitis Akut
Hepatitis akut adalah hepatitis yang kelangsungan penyakitnya terhitung dalam kurun waktu kurang 6 bulan yang di sebabkan oleh minuman keras dan beralkohol. Penyakit hepatitis akut ini di sebabkan oleh racun yang masuk ke dalam jaringan tubuh.

2.   Hepatitis Kronis
Hepatitis kronis adalah hepatitis yang kelangsungan penyakitnya terjadi dalam kurun waktu lebih dari 6 bulan. Hepatitis ini disebabkan oleh faktor keturunan, tetapi dapat juga disebabkan oleh penggunaan alkohol atau minuman keras lainnya.

Pengertian Hepatitis Berdasarkan Jenis Hepatitis

Hepatitis A

Pengertian hepatitis A adalah penyakit peradangan hati yang termaksud kategori ringan dan apabila ditangani sejak dini dengan baik, tidak menyebabkan kematian. Hepatitis A adalah jenis hepatitis yang paling ringan namun sangat menular. Hepatitis ini disebabkan oleh virus Hepatits A (VHA). VHA termasuk virus picorna (virus RNA) dengan ukuran 27-28 nm. Virus dikeluarkan dari tubuh melalui tinja yaitu lewat empedu masuk ke dalam usus, ditularkan secara feco-oral (tinja ke mulut). Virus ini dapat ditemukan dalam tinja penderita hepatitis A sekitar 2 minggu sebelum dan 7 hari setelah terinfeksi.

Penularan jenis hepatitis A ini melalui :

  • Kontak Langsung, contohnya setelah membersihkan seorang anak penderita hepatitis yang baru saja BAB dan Anda tidak mencuci tangan yang bersih menggunakan sabun maka Anda bisa tertular.
  • Makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan virus hepatitis A. Oleh karena itu, jangan minum sembarangan atau mengkonsumsi makanan mentah yang belum dicuci karena sangat mudah dan cepat menyebar dalam tubuh, terutama ditularkan oleh tukang masak yang tidak mencuci tangan. Inilah merupakan salah satu pengertian hepatitis A maka dari itu waspadalah terhadap sanitasi yang buruk di suatu restoran/rumah makan.

Hepetitis B

Pengertian hepatits B ialah penyakit hepatitis jenis B yang di kategorikan sebagai penyakit menular dan termaksud penyakit berbahaya. Jenis hepatitis B ini termaksud dalam kategori hepatitis akut atau menahun. Jenis hepatitis B ini dapat menimbulkan peradangan dan kerusakan sel-sel hati. Virus ini mampu bertahan dan menetap di dalam tubuh, sehingga bersifat kronis dan selanjutnya berpotensi merusak jaringan hati secara perlahan dan akhirnya organ hati rusak, mengecil serta mengeras (sirosis) atau timbul kanker hati. Di Indonesia termaksud negara endemic jenis hepatitis B (VHB).

Setiap 100 orang, diperkirakan 2-10 orang terinfeksi jenis hepatitis B ini, terutama di provinsi Nusa Tenggara Barat dan di provinsi-provinsi bagian timur indonesia. Tidak cuma di Indonesia saja, ternyata China dan negara-negara Asia Tenggara termaksud Indonesia merupakan negara dengan tingkat endemisitas infeksi hepatitis B tinngi yaitu setiap 100 orang ada delapan orang yang positif menderita jenis hepatitis B. Sehingga penyakit jenis hepatitis yang merupakan penyakit yang harus diwaspadai dengan seksama dapat dikatakan sebagai salah satu pengertian hepatitis B.

Hepatitis C

Pengertian hepatitis C adalah penyakit jenis heaptitis ang disebabkan oleh virus C (Hepatitis C Virus – HCV) dan ditularkan melalui jarum suntik, jarum tindik, dan tato yang terinfeksi dan transfusi darah atau produk darah yang terinfeksi, cuci darah. cangkok organ. Selain itu juaga alat perawatan tubuh bersama seperti silet cukur, sikat gigi dan gunting kuku. Bedanya dengan jenis hepatitis B, penularan dengan jenis hepatitis C tidak melalui kontak pribadi misalnya hubungan seks atau kelahiran bayi dari ibu yang terinfeksi. Namun sumber penularan terbesar adalah jarum suntik yang digunakan  bersama-sama diantara pengguna narkoba. Jenis hepatitis C lebih ganas dibanding dengan hepatitis B.

Bom waktu bagi kesehatan masyarakat merupakan pengertian hepatitis C atau VHC yang sering dikumandangkan oleh para ahli medis karena berpeluang besar menjadi kronis yang bisa membawa kematian jika berkembang menjadi sirosis atau kanker hati. Sementara itu, belum ada vaksin umtuk viruc jenis hepatitis C ini, sehingga sulit dilakukan pencegahan.

Jenis hepatitis C ini seringkali tanpa gejala sehingga penderita bisa bertahun-tahun teruinfeksi tanpa menyadari bahwa dirinya mengidap VHC dan berpotensi menularkannya. Virus hepatitis C berada dalam darah dan cairan tubuh, dapat dideteksi dengan pemeriksaan darah khusus, dimana didalam darah ditemukan adanya HCV-RNA setelah 1-2 minggu terinfeksi virus jenis hepatitis C (VHC). Pengertian tentang Hepetitis C memang terkesan menyeramkan karena karakteristik virusnya yang pandai mengecoh dan berkembang tanpa diketahui sudah mencapai tahap berbahaya.

Hepatitis D

Pengertian hepatitis D adalah Penyakit Hepatitis jenis D yang disebabkan oleh virus yang dikenal dengan sebutan Delta yaitu virus cacat yang perkembangannya dibantu oleh hepatitis B. Dan virus hepatitis D inilah yang paling berbahaya walaupun jarang memasuki jaringan tubuh manusia.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri