Waspadai Memakai Lensa Kontak Terhadap Penyakit Keratoconus

Memakai Lensa Kontak Mengundang Penyakit Keratoconus Keratoconus terjadi ketika kornea Anda menipis dan menonjol ke luar hingga membentuk kerucut secara bertahap. Kornea yang berbentuk kerucut menyebabkan pandangan kabur dan sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya. Keratoconus biasanya mempengaruhi kedua mata sejak masa pubertas namun kondisi ini dapat berkembang perlahan-lahan hingga 10 tahun atau lebih.

Penyebab

Belum diketahui pasti apa penyebab terjadinya keratokonus. Namun, gangguan mata ini kerap ditemukan pada penderita rabun dekat dan pemakai lensa kontak. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa memicu keratokonus, antara lain :

  • Kelainan kornea bawaan
  • Penyakit mata, seperti retinopati, retinitis pigmentosa, dan konjungtivitis vernal
  • Cedera mata, misalnya memakai lensa kontak keras bertahun-tahun atau menggisik-gisik mata
  • Penyakit sistemik, seperti sindroma Down, amorosis kongenitalis Leber, sindroma Ehlers-Danlos, dan osteogenesis inperfekta.

Gejala

Keratokonus terjadi bila bagian tengah kornea menipis dan perlahan menonjol ke luar hingga berbentuk seperti kerucut. Kelainan kelengkungan ini bisa mengakibatkan perubahan pada kekuatan pembiasan kornea. Akibatnya bisa terjadi astigmata sedang hingga berat dan rabun dekat.

Keratokonus juga dapat mengakibatkan pembengkakan dan pembentukan jaringan parut yang bisa menghalangi penglihatan.

Pengobatan

Keratokonus biasanya menyerang kedua mata. Awalnya penglihatan penderita bisa dibantu dengan menggunakan kaca mata. Namun, seiring memburuknya astigmata, penderita harus memakai lensa kontak guna mengurangi astigmata dan memperbaiki penglihatan.

Pada kebanyakan kasus, kornea akan stabil kembali setelah beberapa tahun kemudian tanpa pernah mengakibatkan gangguan penglihatan yang berat. Namun, sekitar 10-20% penderita, pada akhirnya kornea membentuk jaringan parut atau tidak dapat mentolerir lensa kontak. Bila kondisi ini terjadi maka perlu dilakukan pencangkokan kornea.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/12846303/uIW2bgo5cItDpX8diqZpww6850/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat