Informasi Penyakit Leukemia Limfositik Kronik

Leukemia Limfositik KronikLeukemia adalah sejenis kelainan dari sistem penciptaan sel induk hematopoietic yang juga merupakan penyakit yang cukup ganas. Adanya kelainan dari kemampuan untuk diferensiasi lebih lanjut serta pematangan leukosit stagnan pada tahap perkembangan yang berbeda sel di sumsum tulang dan jaringan hematopoietik lainnya.

Angka akumulasi sel abnormal dan infiltrasi organ lain dan jaringan, dan fungsi hematopoietik normal terjadi penekanan. Leukemia umumnya menyebabkan anemia, infeksi pendarahan, dan gejala infiltrasi pada organ.

Leukemia atau kanker darah menduduki anka 2,5 % dari total kanker kanker yang ada. Di seluruh dunia, setiap tahunnya ada sekitar 47.150 orang yang di diagnosa sebagai penderita leukemia. Dan setiap tahunnya pula, ada sekitar 23.540 orang yang meninggal karena kasus leukemia. Pada kanker anak, umumnya resiko terkena leukemia akan tinggi pada usia 0 – 4 tahun, dan pada laki laki serta perempuan dewasa angka perbandingannya adalah 7 : 5.

Leukemia Limfositik Kronik (LLK) ini adalah jenis kanker darah lainnya, di tengarai dengan adanya perubahan limfosit dalam jumlah besar menjadi sel ganas dan bisa merusak sel normal dalam tubuh penderita. Limfosit adalah jenis sel darah putih yang sudah matang. Jenis penyakit Leukemia Limfositik Kronik kebanyakan dialami oleh orang usia lanjut yang berumur di atas 60 tahun, dan lebih sering pada kaum pria.

Pada mulanya, perkembangan penyakit sel ganas terjadi pada kelenjar getah bening, dan ini menyebabkan pembengkakan pada lokasi tersebut. Kemudian sel kanker akan masuk ke dalam hati serta limpa dan menimbulkan pembengkakan pada limpa dan hati tersebut. Kanker juga kemudian akan masuk ke dalam sumsum tulang, dan ini menyebabkan penghancuran dalam jumlah banyak sel normal yang ada di dalam sumsum tulang, sehingga tubuh akan kekurangan sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.

Sistem kekebalan tubuh akan semakin menurun, dan juga mengalami kelainan fungsinya. Berbalik menyerang sel normal dalam tubuh dn menimbulkan berbagai masalah seperti peradangan pada sendi, pembuluh darah dan kelenjar tiroid.

Leukemia Limfositik Kronik (LLK) ditandai dengan adanya sejumlah besar limfosit (salah satu jenis sel darah putih) matang yang bersifat ganas dan pembesaran kelenjar getah bening.

Lebih dari 3/4 penderita berumur lebih dari 60 tahun, dan 2-3 kali lebih sering menyerang pria.  Pada awalnya penambahan jumlah limfosit matang yang ganas terjadi di kelenjar getah bening. Kemudian menyebar ke hati dan limpa, dan keduanya mulai membesar.

Masuknya limfosit ini ke dalam sumsum tulang akan menggeser sel-sel yang normal, sehingga terjadi anemia dan penurunan jumlah sel darah putih dan trombosit di dalam darah.  Kadar dan aktivitas antibodi (protein untuk melawan infeksi) juga berkurang.

Sistem kekebalan yang biasanya melindungi tubuh terhadap serangan dari luar, seringkali menjadi salah arah dan menghancurkan jaringan tubuh yang normal.
Hal ini bisa menyebabkan:

  • Penghancuran sel darah merah dan trombosit
  • Peradangan pembuluh darah
  • Peradangan sendi (artritis)

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara membuat lem gigi sendiri, cara meracik handbody marina, pepek anak SD, cara melepas behel dengan baking powder, cara membuat handbody racikan makassar, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri, DAUN wisa, cara membuat henna putih dari handbody, harga talsyn cl