10 Penyakit Berbahaya Bila Mengkonsumsi Garam

Berbahaya Bila Mengkonsumsi Garam BerlebihanKonsumsi garam yang ideal sudah menjadi isu penting di dunia kesehatan. Kalangan medis selalu mengingatkan agar tidak terlalu berlebihan mengonsumsi garam terutama yang terdapat pada makanan olahan. Tapi jangan dilupakan pula, kurang garam bisa bikin orang jadi pelupa.

Selama ini kita lebih sering mendengar penyakit akibat kekurangan garam beryodium, yaitu penyakit gondok. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa kelebihan konsumsi garam dalam tubuh juga bisa membahayakan kesehatan dan memicu timbulnya beberapa penyakit.

Berikut ini adalah sepuluh penyakit berbahaya yang mungkin timbul ketika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi garam :

1.   Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Asupan garam yang tinggi diketahui dapat meningkatkan tekanan darah, di mana diketahui menyebabkan beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung, parlysis, dan stroke. Fakta ini telah dibuktikan oleh penelitian INTERSALT melibatkan lebih dari 10.000 orang pada 52 pusat studi, meskipun efeknya (penyakit) berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.

Bukti lainnya dari hubungan antara tekanan darah tinggi dengan asupan garam tinggi ditemukan dalam rekam medis sejak tahun 1994. Orang-orang dari seluruh bagian di muka bumi ini dengan segala usia dapat dipengaruhi oleh perubahan dalam asupan garam mereka.

2.   Penyakit kardiovaskuler

Para peneliti yang bekerja dalam sebuah penelitian besar yang dilakukan pada 2007 menemukan bahwa pasien dengan tekanan darah tinggi yang normal mendapat keuntungan secara signifikan dengan mengurangi asupan garam mereka, oleh karena itu risiko mereka menderita penyakit kardiovaskuler menurun hingga 25 persen untuk 10 hingga 15 tahun mendatang. Kemungkinan mereka meninggal akibat penyakit kardiovaskuler pun juga turun sebanyak 20 persen.

3.   Stroke

Mereka yang mengkonsumsi sedikit garam rentan untuk mengidap stroke. Bahkan, penelitian menyebutkan, mengurangi satu gram asupan garam dapat menekan risiko mengalami stroke hingga seperenam. Jika dikurangi dua gram, risiko menurun hingga sepertiga, dan jika dikurangi tiga gram, kemungkinan terkena stroke berkurang hingga setengahnya.

4.   Hipertrofi ventrikel kiri dan pembengkakan jantung

Beberapa orang tidak mengalami hipertensi meski mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi. Tetapi, rekam medis menunjukkan, orang-orang tersebut mengalami hipertrofi ventrikel kiri atau pembesaran jaringan otot yang membuat dinding pada ruang pompa utama jantung di mana dapat mempertinggi risiko penyakit kardiovaskuler.

5.   Retensi cairan

Jumlah natrium dalam tubuh menentukan tingkat cairan dalam tubuh Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak garam, ginjal akan kesulitan mengeliminasi kelebihan garam dan tubuh. Anda akan menahan cairan, yang kadang-kadang menyebabkan pembengkakan di sekitar jantung. Dokter menyarankan pengurangan asupan garam sebagai pengobatan untuk pembengkakan.

6.   Sistem pencernaan makanan

Asupan garam yang tinggi dapat mempengaruhi sistem pencernaan dalam tiga cara :

  • Ulkus (luka) lambung dan duodenum
  • Kanker
  • Penurunan Pepsin

7.   Permasalahan rambut

Mengkonsumsi garam terlalu banyak dapat menyebabkan masalah seperti rambut beruban dan rontok.

8.   Peningkatan sekresi air empedu

Ketika kita menyantap makanan yang mengandung garam tinggi, sekresi air empedu akan meningkat, yang mana dapat meningkatkan densitas darah sehingga menurunkan vitalitas. Hal ini juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan berdarah. Dokter menyarankan untuk mengurangi asupan garam kepada mereka yang mengalami masalah dengan kulit.

9.   Osteoporosis

Kelebihan garam mencegah penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita pasca menopause ditemukan bahwa wanita mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi lebih banyak kehilangan mineral tulang dibanding dengan mereka yang tidak mengkonsumsi garam berlebih.

10.   Kematian

Mengkonsumsi garam dengan dosis tinggi dalam waktu singkat bisa berakibat fatal. Jika seseorang mengkonsumsi satu gram garam per kilogram berat badannya naik, hal ini dapat menyebabkan orang tersebut kehilangan nyawanya.

Kebutuhan asupan garam seseorang berbeda-beda. Di rekomendasikan untuk mengkonsumsi natrium sebanyak 1.500 mg hingga 2.300 mg perhari, tergantung dari usia atau kondisi kesehatan yang dimiliki (seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau penyakit ginjal kronik).

Segala sesuatu yang berlebihan memang akan berakhir tidak baik. Termasuk konsumsi garam secara berlebihan.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri