Pengertian Dan Gejala Abdomen Akut

Abdomen Akut Dan Segera Memerlukan PembedahanAbdomen akut adalah suatu kondisi dimana terjadi kelainan / penyakit yang mengakibatkanperlunya tindakan sesegera mungkin untuk dilakukan tindakan pembedahan (laparatomi).

Abdomen adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bagian dari tubuh yang berada di antara thorax atau dada,abdomen merupakan bagian paling posterior tubuh, yang berada di belakang thorax atau cephalothorax (sefalotoraks).

Dalam bahasa Indonesia umum, sering pula disebut dengan perut. Bagian yang ditutupi atau dilingkupi oleh abdomen disebut cavitas abdominalis atau rongga perut.

Abdomen akut adalah istilah medis yang mengacu pada gejala nyeri perut yang datang tiba-tiba. Berbeda dengan nyeri perut umum yang biasanya tidak berbahaya, abdomen akut hampir selalu merupakan gejala penyakit intra-abdomen. Abdomen akut mungkin mengindikasikan masalah utama dengan salah satu organ di dalam perut seperti radang usus buntu (apendisitis), radang kantong empedu (kolesistitis), perforasi usus atau limpa pecah.

Abdomen akut sendiri adalah penyakit serius yang ada  perut yang timbul dengan cepat, biasanya ada infeksi dalam perut seperti apdisitis, pigbel berat, atau sumbatan pada usus. Pengobatan yang benar biasanya dilakukan pembedahan untuk penyembuhan, jika abdomen akut ini tidak diobati dengan benar bisa saja si anak akan berakibat buruk.

Keadaan darurat dalam abdomen dapat disebabkan karena perdarahan, peradangan, perforasi atau obstruksi pada alat pencemaan. Peradangan bisa primer karena peradangan alat pencernaan seperti pada apendisitis atau sekunder melalui suatu peritonitis karena perforasi tukak lambung

Pada abdomen akut, apapun penyebabnya, gejala utama yang menonjol adalah nyeri akut pada daerah abdomen. Kadang-kadang penyebab utama sudah jelas seperti pada trauma abdomen berupa vulnus abdominis penetrans namun kadang-kadang diagnosis akut abdomen baru dapat ditegakkan setelah pemeriksaan fisik serta pemeriksaan tambahan berupa pemeriksaan laboratorium serta pemeriksaan radiologi yang lengkap dan masa observasi yang ketat.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/12846303/uIW2bgo5cItDpX8diqZpww6850/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat