Jenis-Jenis Operasi Kandungan Seorang Wanita

Operasi Histerektomi Dilakukan Bila Memang Diperlukan PasienHisterektomi adalah suatu prosedur operatif di mana seluruh organ dari uterus diangkat. Histerektomi merupakan suatu prosedur non obstetrik untuk wanita. Histerektomi adalah operasi pengangkatan rahim dan uterus (kandungan) yang dilakukan pada seorang wanita sebagai jalan keluar bagi yang bersangkutan dalam mengatasi penyakit tertentu. Akibat dari histerektomi ini, si wanita tidak bisa hamil lagi dan berarti tidak bisa pula mempunyai anak lagi.

Kendati tak pernah diharapkan, wanita tak jarang mengalami berbagai penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksinya. Penyakit itu di antaranya kanker rahim atau kanker mulut rahim, fibroid (tumor jinak pada rahim), dan endometriosis (kelainan akibat dinding rahim bagian dalam tumbuh pada indung telur, tuba falopi, atau bagian tubuh lain, padahal seharusnya hanya tumbuh di rahim).

Penyakit-penyakit tersebut sangat membahayakan bagi seorang wanita, bahkan dapat mengancam jiwanya. Karena itu, perlu tindakan medis untuk mengatasinya. Dalam hal ini, tindakan medis yang harus dilakukan adalah histerektomi.

Ada 4 jenis histerektomi, yaitu :

  • Histerektomi subtotal (parsial). Pada tingkatan histerektomi ini yang diangkat hanya rahim saja, sedangkan serviks (mulut rahim), tuba falopi (saluran yang menghubungkan rahim dengan ovarium), dan ovarium dibiarkan apa adanya. Dengan operasi yang demikian ini, si wanita masih bisa mengalami kanker mulut rahim, karena itu perlu pemeriksaan rutin terhadap leher rahim.
  • Histerektomi total. Tingkatan histerektomi ini mengharuskan pengangkatan rahim dan mulut rahim, sedangkan tuba falopi dan ovarium tidak diangkat.
  • Histerektomi total dan salpingo-ooforektomi bilateral. Pada tingkatan histerektomi ini rahim, serviks, tuba falopi, dan ovarium diangkat.
  • Histerektomi radikal. Tingkatan histerektomi ini mengangkat rahim, kelenjar limfe (getah bening) di sekitar rahim dan uterus, serviks, bagian atas vagina, dan sedikit jaringan lunak dari dalam panggul.

Kedua prosedur histerektomi ini biasanya dipilih berdasarkan diagnosa penyakit, juga berdasarkan pengalaman dan kecenderungan ahli bedah. Namun demikian, prosedur histerektomi melalui vagina memiliki risiko yang lebih kecil dan waktu pemulihan yang lebih cepat dibanding prosedur histerektomi melalui perut.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri