Manfaat Dan Resiko Marsupialisasi Dalam Pembedahan

Membuat Suatu Lubang Pada Dinding Kista Dalam PembedahanMarsupialisasi adalah tindakan membuat suatu jendela (surgical window) pada dinding kista kita, mengevakuasi kista, dan mempertahankan kontinuitas antara kista dengan rongga mulut, sinus maksilaris atau rongga nasal. Bagian dari kista yang diambil hanyalah bagian untuk membentuk suatu jendela. Dan sisa lapisan kista ditinggalkan di dalam jaringan. Melalui proses ini maka terjadi pengurangan tekanan di dalam kista sehingga meningkatkan penyusunan kista dan pengisian tulang

Marsupialisasi berarti membuat suatu lubang pada dinding kista dalam pembedahan, mengambil isi kistanya dan memelihara kontinuitas antara kista dengan rongga mulut, sinusmaksilaris atau rongga hidung. Bagian kista yang diambil hanyalah isi dari kista, batas dari dinding kista dengan oral mukosa dibiarkan pada tempatnya. Proses ini dapat mengurangi tekanan intrakista dan membantu penyusutan dari kista serta pengisian tulang. Marsupialisasi dapat digunakan sebagai suatu perawatan tunggal atau sebagai suatu perawatan awal dan selanjutnya dilakukan tahap enukleasi.

Faktor-faktor yang harus diperhatikan sebelum memutuskan perawatan marsupialisasi adalah jumlah kerusakan jaringan, akses pembedahan, membantu erupsi gigi, besar/tidaknya tindakan bedah dan ukuran kista.

Resiko dari marsupialisasi adalah kemungkinan tertinggalnya jaringan yang patologis, selain itu pasien juga harus memperhatikan kebersihan rongga kista, karena biasanya makanan terperangkap di sana. Untuk itu, pasien harus rutin mengirigasi kavitas kista beberapa kali dalam sehari, sampai beberapa bulan selanjutnya, tergantung pada besarnya ukuran kista dan laju pengisian tulang.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/12846303/uIW2bgo5cItDpX8diqZpww6850/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat