Hubungan Antara Status Gizi Dengan Usia Menarche

Para remaja, baik itu perempuan maupun laki-laki keduanya tentu akan melalui fase pubertas, yaitu perubahan-perubahan pada tubuh dan hormonal sebagai tanda kematangan fisik. Khusus bagi para remaja perempuan, pada saatnya ia akan mengalami menarche atau menstruasi pertama. Menstruasi merupakan tanda kesiapan biologis seorang perempuan menjalani fungsi kewanitaannya. Peristiwa yang dipahami masyarakat sebagai tanda seorang gadis memasuki alam kedewasaan, yaitu alam “wanita”.

Hari itu datang lagi, hari yang mau tak mau kunanti. Rahimku terasa dicekik oleh seluruh otot tubuhku sendiri. Rasa sakit itu mendekap, seolah menyayat-nyayat tiap lekuk organ dalamku, nyeri yang membuatku jadi orang tuli yang penuh dengan amarah. Kemudian pelan-pelan serasa mengalir menyusuri lambung, dada, dan kerongkonganku, tercekat oleh rasa mual, dan pyuh…, sementara mulutku tidak mampu menghentikan laju sisa-sisa gumpalan-gumpalan bahan organik yang masuk ke lambungku!

Menstruasi Berbeda Dan Sangat Tergantung Pada Status Gizi.

Menarche atau haid pertama kali pada Perempuan merupakan indikator perkembangan psikologi, kesehatan dan status gizi pada seorang wanita. Asupan gizi mempengaruhi pertumbuhan tubuh, dan apabila asupan gizi kurang dapat menyebabkan seluruh unit fungsional remaja terganggu.

Definisi Gizi

Definisi Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang di konsumsi secara normal melalui proses di gesti, absorbsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energy.

Definisi Status Gizi

Status gizi adalah ekspresi dari keadaan keseimbangan dalam bentuk variabel tertentu. Status gizi juga merupakan keadaan akibat dari keseimbangan antara konsumsi dan penyerapan zat gizi dan penggunaan zat-zat gizi tersebut, atau keadaan fisiologik akibat dari tersedianya zat gizi dalam seluruh tubuh

Menarche adalah menstruasi pertama

Perempuan yang umumnya terjadi pada sekitar 10-11 tahun. Rangsangan pancaindera dengan diubah di dalam korteksa serebri dan melalui nukleus amigdala disalurkan menuju ke hipotalamus, merangsang pembentukan dalam bentuk gonadotrophic releasing factor hormon yang merangsang hipofisis anterior dengan sistem portal sehingga hipofisis mengeluarkan hormone estrogen. Keadaan ini terjadi pada perempuan berusia sekitar 8-9 tahun.

Usia menarche

Usia menarche, adalah ketika munculnya menstruasi pertama, tahapan dalam pematangan perempuan dan indikator pembangunan fisiologis wanita, kesehatan dan status gizi.

Hubungan Antara Status Gizi Dengan Usia Menarche

Usia menarche sangat bervariasi dan sangat tergantung pada status gizi. Pada umumnya, remaja yang lebih tinggi dan lebih berat dengan massa lemak tubuh yang lebih besar cenderung mencapai menarche di usia muda. Faktor ukuran tubuh termasuk tinggi badan, berat badan, indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh telah lama di buktikan berasosiasi kuat dengan mulainya menarche.

Kenaikan berat badan merupakan faktor yang berkait secara konsisten dengan awalnya kematangan seksual pada dewasa muda dan remaja. Beberapa kajian retrospektif telah menunjukkan bahawa remaja yang mengalami menarche sebelum usia 12 tahun adalah lebih berat dan gemuk berbanding dengan remaja yang mengalami menarche kemudiannya.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri