Definisi Menarche Bagi Perempuan Remaja

Menarche adalah haid yang pertama kali datang. Haid adalah perdarahan yang berasal dari uterus sebagai tanda bahwa alat kandungannya menunaikan fungsinya, terjadi setiap bulan secara teratur pada seorang wanita dewasa yang sehat dan tidak hamil. Haid merupakan ciri khas seorang wanita di mana terjadi perubahan-perubahan siklik dari alat kandungannya sebagai persiapan kehamilan


Munculnya haid pertama terjadi di tengah-tengah masa pubertas, yaitu masa peralihan dari anak-anak ke dewasa yang memegang peranan penting dalam proses tersebut adalah hubungan Hipotalamus, Hipofisis dan Ovarium (Hypotalamic-Pituitari-Ovarikratis). Hal ini merupakan hasil kerjasama antara Korteks Serebri, Hipotalamus, Hipofisis, varium, Glanduna Supra Renalis dan Kelenjar-kelenjar Endokrin lainnya.

Perempuan Mengalami Perdarahan Rahim Pertama Yang Disebut Menstruasi

Pada permulaan masa kanak-kanak sistem ini sudah berjalan kemudian tidak berfungsi lagi disebabkan sistem proses itu sangat peka terhadap steroid, sehingga menghambat proses itu sendiri. Rendahnya Gonadotropin Releasing Hormone (GnRH) pada saat itu juga akibat unsur instrinsik penghambat susunan saraf yang mempunyai mekanisme penekanan denyutan Gonadotropin Releasing Hormone (GnRH).

Saat sebelum masa pubertas, sekresi GnRH secara pulstabil dengan frekuensi rendah telah dimulai 4 tahun sebelum menarche, diikuti dengan kenaikan sekresi LH oleh Hipofisis pada malam hari. Pada masa pubertas, sekresi GnRH yang berfrekuensi rendah pelan-pelan berubah seperti wanita dewasa dengan sekresi yang berlangsung selama 24 jam, pola sekresi FSH dan LH juga mengikuti perubahan-perubahan sekresi pulstabil GnRH ini.

Definisi menarche yaitu datangnya haid pertama bagi perempuan remaja. Peristiwa terpenting yang terjadi pada gadis remaja ialah datangnya haid yang pertama ini datang di namakan menarce. Menarche sebenarnya hanyalah puncak dari serangkaian perubahan yang terjadi pada seorang gadis yang sedang menginjak dewasa.

Sebagai puncak kedewasaan, perempuan mulai mengalami perdarahan rahim pertama yang disebut menarche (menstruasi). Pada perempuan, menarche menandai transisi ke masa dewasa, menarhe merupakan tanda bahwa remaja puteri kini telah menjadi seorang perempuan dan dapat mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai seorang perempuan dewasa.

Setiap siklus di bedakan dalam empat fase yaitu:

  • Fase haid lamanya dua sampai delapan hari, kira-kira lima hari, dimulai sekitar sekitar 14 hari setelah ovulasi. Hari pertama keluarnya darah haid ditetapkan sebagai hari pertama siklus endometrium. Pada waktu ini endometrium dilepas dan dicampakkan dari dinding uterus disertai dengan perdarahan. Jumlah darah yang hilang sangat bervariasi diantara perempuan dengan rentang 20-80 ml (kira-kira 50 ml).
  • Fase prolifera berlangsung sampai hari keempat belas. Endometrium tumbuh kembali, disebut juga endometrium mengadakan proliferasi. Pada masa ini terjadi penebalan endometrium 8-10 kali lipat dan berakhir pada saat ovulasi.
  • Fase sekresi berlangsung sejak hari ovulasi sampai sekitar tiga hari sebelum periode haid berikutnya. Pada akhri fase sekresi endometrium matang dengan sempurna mencapai ketebalan seperti beludru yang tebal dan halus, kaya dengan darah dan sekresi kelenjar yang kaya dengan glikogen dan lemak dan merupakan tempat yang sesuai untuk melindungi dan merupakan tempat yang sesuai untuk melindungi dan memberi nutrisi ovum yang dibuahi. Pada masa ini korpus rubrum pada ovarium menjadi korpus luteum yang menghasilkan hormon progesterone.
  • Fase iskemi : implantasi atau nidasi ovum yang dibuahi terjadi sekitar 7-10 hari setelah ovulasi. Apabila tidak terjadi pembuahan dan implantasi maka korpus luteum mengecil dan menyusut dan menyebabkan kadar estrogen dan progesteron menurun dengan cepat dan menimbulkan efek pada arteri yang berlekuk-lekuk di endometrium. Terjadi silatasi dan hiperemia diikuti spasme dan iskemia kemudian terjadi nekrosis. Lapisan fungsional yang nekrotik tersebut terlepas dari lapisan basal dan perdarahan haid terjadi lagi, menandai hari pertama siklus haid berikutnya.