Langkah Penting Untuk Melindungi Mata Dari Polusi

Kita menatap wajah dan berbicara dengan seseorang tentu mata kita menjadi fokus utamanya. Punya mata dengan bentuk yang indah tentu akan menjadi kelebihan tersendiri karena bisa membuat orang yang menatapnya menjadi terpesona. Namun jika mata kita biasa saja, masih bisa kok memancarkan daya tarik via mata.

Mata indah pasti banyak memikat orang. Yaa… mata adalah salah satu panca indra yang paling penting untuk dijaga. Tidak hanya itu, mata juga sangat sensitif terhadap kondisi lingkungan sekitar. Bagian-bagian pada mata sangat mudah mengalami kerusakan akibat polusi lingkungan. Baik berupa polusi udara, air, atau pun kimiawi. Beberapa ahli menyatakan bahwa kerusakan mata secara permanen dapat diakibatkan oleh tiupan angin dan polusi lain. Bahkan, kerusakan tersebut memaksa Anda untuk melakukan operasi lasik.

Memiliki Mata Yang Indah Adalah Suatu Anugerah Yang Terindah Dalam Hidup Ini

Kita tahu bahwa akhir-akhir ini terjadi peningkatan polusi udara di beberapa kota besar. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya pabrik-pabrik, banyaknya asap kendaraan bermotor, dan kurangnya taman hijau di sekitar perkotaan. Hal inilah yang memperparah kejadian polusi di suatu daerah. Kita semua tahu bahwa polusi lingkungan sangat erat kaitannya dengan terjadinya gangguan kesehatan, misalnya gangguan pada mata, tenggorokan, bahkan organ dalam seperti jantung, paru-paru, dan lambung. Lantas, bagaimana cara menjaga mata dari polusi?

Pengendara motor atau mobil merupakan pengguna jalan yang paling memungkinkan mengalami serangan polusi udara dan angin. Maka dari itu, butuh tindakan perlindungan agar kesehatan mata terbebas dari ancaman polusi.

Di bawah ini ada beberapa langkah penting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata dari polusi di antaranya sebagai berikut :

1.   Menggunakan Helm

Helm bagi pengendara motor berguna untuk melindungi wajah, kepala, dan mata dari partikel debu, kotoran, dan serangga. Jika Anda selama ini hanya berpikir bahwa helm hanya melindungi kepala, itu salah. Pastikan juga bahwa helm yang Anda kenakan memiliki ruang bagi kacamata agar mata Anda terhindar dari polusi.

2.   Menggunakan Kacamata

Banyak ahli mata yang menyarankan pasiennya untuk selalu menggunakan kacamata saat bepergian atau beraktifitas. Tujuannya untuk melindungi mata dari sinar matahari, polusi, debu, angin, dan kotoran lain penyebab kerusakan mata. Namun, pastikan juga bahwa bahan kacamata Anda aman. Ada beberapa jenis bahan kacamata imitasi yang membahayakan kesehatan mata. Bahan kaca tersebut justru menyerap sinar matahari sehingga menyebabkan kerusakan serius pada mata atau bahan kacamata yang mudah pecah sehingga beresiko menimbulkan luka pada mata. Ingat, sebaiknya Anda tidak menggunakan kacamata berwarna hitam saat mengendarai kendaraan di waktu malam hari.

3.   Memilih Pemukiman di Pedesaan

Jika Anda masih memiliki kesempatan untuk memilih daerah hunian, lebih baik jika memilih daerah pedesaan. Banyak keuntungan yang didapatkan, udara masih bersih dan minim polusi sehingga intensitas paparan polusi pada mata dapat di minalisasi.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri