Diet Yang Tepat Dan Sehat Untuk Kesehatan Mata

Mata adalah organ tubuh yang paling menakjubkan. Mata adalah jendela dunia. Dengan mata kita dapat melihat hijaunya daun, birunya langit, warna warni bunga, putihnya salju dan segala keindahan dunia lainnya. Setelah bertahun tahun hidup dalam keindahan itu, apa yang terjadi bila semuanya tiba tiba berubah menjadi gelap?

Kebutaan atau hilangnya penglihatan merupakan masalah utama kesehatan di beberapa negara baik negara berkembang maupun negara maju. Di Amerika, hampir 3,3 juta penduduk yang berusia diatas 40 tahun mengalami kebutaan oleh karena berbagai sebab.

Mata Yang Cantik Bila Di Pandang Mata Yang Lain

Untuk memiliki mata yang sehat tentunya kita harus memilih bahan makanan yang mengandung vitamin dan protein untuk kesehatan mata yang optimal. Penglihatan adalah salah satu indera manusia yang sangat vital. Dalam kehidupan sehari-hari mata dipakai untuk melihat berbagai hal yang berguna bagi kehidupan manusia. Makanan seperti apa yang cocok untuk mata? 

Berikut ini tips diet yang sehat untuk kesehatan mata.

Tips pertama adalah dengan menambah asupan makanan mengandung antioksidan. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi sedikit antioksidan mengalami pengurangan penglihatan lebih banyak dari mereka yang banyak mengkonsumsi anti oksidan. Antioksidan ini seperti vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan segar, vitamin E dalam minyak sayur dan nutrien lain seperti bayam atau sawi.

Tips berikutnya yang termasuk dalam tips diet sehat untuk mata adalah mengkonsumsi telur seutuhnya. Jangan hanya memakan telur bagian kuning atau putihnya saja dengan alasan untuk menghindari kandungan kolesterol di dalamnya. Sebenarnya orang yang mengkonsumsi dua telur setiap hari akan meningkatkan kandungan lutein dan zeaxanthin yang bersirkulasi di dalam tubuh tanpa ikut meningkatkan kolesterol jahat.

Makan lebih banyak seafood karena seafood mengandung lemak ikan yang menjadi komponen kunci bagi sel syaraf di dalam retina. Konsentrasi di temukan lebih banyak di dalam retina daripada di organ tubuh lainnya.

Anda boleh juga mempertimbangkan konsumsi suplemen. Meskipun yang terbaik adalah mendapatkan nutrien dari makanan segar, namun suplemen membantu menurunkan risiko penyakit yang mungkin mendatangi Anda. Mata juga berhubungan dengan tekanan darah. Ketika tekanan darah meningkat akan mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah.

Kerusakan ini mempengaruhi aliran darah ke mata dan menyulitkan nutrisi untuk bisa mencapai retina. Kerusakan pada pembuluh darah juga bisa menyulitkan tubuh mengusir radikal bebas yang terkandung dalam makanan tertentu. Mengurangi berat tubuh akan sedikit membantu pembuluh darah menyampaikan nutrisi ke tiap organ tubuh.

Lemak tubuh adalah gudang bagi nutrisi lemak yang larut dalam air dan jaringan yang berlebih bisa bertindak sebagai wadah bagi nutrisi pelindung mata. Itulah tadi beberapa tips diet sehat untuk mata sebagai rekomendasi yang bermanfaat untuk Anda.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri