Mengetahui Operasi Lasik Pada Mata

LASIK (Laser Assisted in Situ Keratomileusis) adalah sebuah prosedur bedah mata refraktif untuk memperbaiki miopia, hiperopia dan astigmatisme. prosedur ini biasanya merupakan alternatif yang lebih di sukai dari keratektomi fotorefraktif, karena lebih cepat pemulihannya dan umumnya kurang menyakitkan. Sebuah laser excimer digunakan untuk rekontur kornea, sehingga lebih cembung untuk mengoreksi hiperopia, lebih datar untuk memperbaiki miopia, dan melengkung lebih mulus untuk astigmatisme.


Laser bekerja pada stroma, lapisan kornea di bawah sel-sel permukaan (epitel), dan akses ke stroma diperoleh dengan menciptakan flap kecil pada permukaan kornea dan melipatnya kembali. Setelah pembedahan, flap akan sembuh dengan sendirinya. Banyak pasien memilih LASIK sebagai alternatif kacamata korektif atau lensa kontak.

Prosedur Untuk Memperbaiki Penglihatan Yang Kabur Atau Rusak

Dahulu orang yang punya penglihatan kabur atau tidak jelas mulai kategori minus kecil sampai besar harus menggunakan kacamata sebagai alat bantu penglihatan. Ketika kategori minus mata sudah semakin besar maka lensa kacamatapun semakin tebal. Hal ini kadang sangat mengganggu dan menyulitkan penggunanya. Namun sekarang penderitaan itu bisa hilang dengan sebuah prosedur operasi yang di namakan operasi Lasik.

Lasik adalah sebuah operasi yang secara permanen mengubah bentuk kornea mata untuk meningkatkan kualitas penglihatan dan mengurangi ketergantuangan orang pada penggunaan kacamata atau lensa kontak.

Untuk penglihatan yang jelas, kornea mata dan lensa harus bisa membengkokkan sinar dengan baik sehingga gambar akan terlihat jelas pada retina. Jika tidak bisa seperti itu maka penglihatan akan kabur. Kekaburan penglihatan ini di sebut dengan gangguan bias. Gangguan ini di sebabkan oleh perbedaan antara bentuk kornea dengan panjang mata.

Lasik menggunakan sinar laser ultraviolet untuk menghilangkan jaringan kornea mata dan berbentuk baru sehingga cahaya bisa focus dengan jelas pada retina. Operasi Lasik menyebabkan kornea mata menjadi lebih tipis. Lasik merupakan prosedur operasi yang mudah dan tidak perlu perawatan inap untuk pasien. Prosedur ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja. Bius atau anestesi yang di gunakan hanya sejenis tetes mata yang membuat permukaan mata menjadi mati rasa.

Mengenal operasi Lasik untuk mata adalah mengetahui bahwa prosedur ini di lakukan dengan pasien dalam keadaan sadar. Hanya saja pasien akan di beri obat untuk membuatnya nyaman dan tidak tegang atau gugup. Lasik bisa di lakukan untuk satu mata atau keduanya sekaligus dalam satu sesi prosedur operasi.

Ketika prosedur berlangsung, pisau otomatis khusus atau di sebut dengan mikrokeratome di gunakan untuk memotong jaringan mata yang mengganggu di lapisan luar bola mata. Sekarang prosedur ini telah banyak di kenal orang dan menggunakan berbagai jenis laser untuk membentuk kelopak kornea mata. Kelopak ini di letakkan di bagian luar dan laser di gunakan untuk membentuk kembali jaringan kornea yang ada di bagian dalam.

Setelah pembentukan kembali selesai, kelopak kemudian diamankan dan tidak memerlukan jahitan karena kornea secara alami akan menahan kelopak di tempatnya. Perban akan diletakkan di luar kelopak untuk melindungi mata dari gosokkan tangan atau tekanan sampai kondisinya benar-benar sehat kembali. Itulah beberapa hal yang layak diketahui untuk mengenal operasi Lasik untuk mata.