Diet dan Menopause Wanita

Wanita Berusia Diatas Usia 40an harus Memperhatikan Pola MakannyaMenopause merupakan sebuah kata yang mempunyai banyak arti yang terdiri dari kata men dan pauseis yang berasal dari bahasa Yunani yang pertama kali digunakan untuk menggambarkan berhentinya haid. Ini merupakan suatu akhir proses biologis dari siklus menstruasi yang terjadi karena penurunan produksi hormon estrogen yang dihasilkan ovarium (indung telur). Menopause mulai pada umur yang berbeda umumnya adalah sekitar umur 50 tahun, meskipun ada sedikit wanita memulai menopause pada umur 30-an.

Menjelang usia empat puluh tahun, kaum wanita mulai di landa kecemasan karena di usia ini masa menopause mulai datang. Yaitu tidak adanya menstruasi lagi pada kehidupan wanita. Usia menopause bervariasi pada setiap wanita, ada yang 40, 45, dan 50 tahun. Bahkan beberapa wanita telah mengalami menopause ketika berkepala 3, hal ini disebut menopause dini.

Menopause memang tidak bisa di hindari, karena siapa pun, baik miskin atau kaya, akan mengalaminya. Namun sebagai manusia yang dikaruniai akal budi dan pikiran, tentu akan memandang menopause secara positif. Jika memang kondisi hormon estrogen dan progesterone yang di hasilkan tubuh akan menurun dan mengakibatkan beberapa hal, seperti menurunnya gairah seksual, gejolak emosi dan vagina yang kering maka masih banyak hal yang bisa di lakukan untuk memaksimalkan kondisi tubuh. Yaitu dengan melakukan diet. Diet dan menopause yang dilakukan dengan cara yang cerdas dan konsisten akan memberi manfaat lebih bagi tubuh.

Diet dan menopause adalah bahasan yang tidak akan habis, namun pada intinya wanita yang telah memasuki masa menopause hendaknya mulai memilih-milih makanan mana yang harus di hindari dan makanan mana yang sebaiknya di konsumsi.

Jenis makanan yang di hindari atau dikurangi ketika masa menopause adalah minuman beralkohol karena efeknya yang menimbulkan kelelahan pada otot. Lemak pada daging juga harus di hindari, mengingat banyak wanita yang mengalami berat badan yang naik setelah masa menopause. Gula dan garam bisa di konsumsi namun jangan berlebihan, secukupnya saja. Nasi dan kentang sebagai sumber karbohidrat harus mulai di takar konsumsinya agar tidak terjadi obesitas dan meningkatkan kadar gula darah.

Sebaliknya, makanan yang dianjurkan dalam diet dan menopause adalah sayur, kacang-kacangan, kedelai, daging, susu dan ikan. Tentu saja mengonsumsinya dengan bervariasi karena setiap bahan makanan tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda dan saling mendukung satu sama lain. Akan lebih baik jika dalam penyajiannya tidak digoreng melainkan di kukus agar kandungan gizi tetap terjaga dan mengurangi jumlah minyak yang di konsumsi tubuh.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara membuat Handbody racikan Marina, cara membersihkan bekas plester, apakah air kelapa bisa mengobati tetanus, agar lem pulut tidak bau, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder