Jenis Penyakit TBC

Penyakit yang paling banyak di derita masyarakat Indonesia adalah penyakit TBC. Dikabarkan di negara tercinta Indonesia, penyakit TBC menduduki tingkat terbesar ketiga se-dunia. Bayangkan, penyakit mematikan ini bersemaya di lingkungan kita, perlukah untuk kita tanggulangi.

Penyakit TBC merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja, tetapi paling sering menyerang orang-orang yang berusia antara 15-30 tahun, terutama mereka yang bertubuh lemah, kurang gizi, maupun orang yang sering berdesak-desakan dalam satu rumah dengan orang yang telah terinfeksi TBC. Lingkungan yang lembab, gelap dan tidak memiliki ventilasi juga dapat mempengaruhi seseorang terkena penyakit TBC.

Gambar Penyakit TBC

TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh, tetapi biasanya menginfeksi paru-paru. Tuberkulosis menyebar melalui udara terjadi ketika seorang individu yang terinfeksi bersin, berbicara, atau batuk. Biasanya menular karena kontak yang terlalu lama dengan individu yang terinfeksi.

Ada dua bentuk jenis TBC :

  • TBC Laten.
  • TBC aktif.

1.   Pada TBC laten.

Sistem kekebalan tubuh mampu mencegah bakteri yang tumbuh. Bakteri TBC tetap hidup dalam tubuh tetapi tidak aktif saat itu. Namun, bakteri dapat menjadi aktif di kemudian hari. TBC laten tidak menunjukkan gejala, tidak merasa sakit, juga tidak menular, tapi dapat TBC ini dapat berkembang di kemudian hari jika mereka tidak menerima pengobatan.

2.   TBC aktif.

Berarti bahwa bakteri tuberkulosis tumbuh dalam tubuh menyebabkan infeksi aktif. Tanda dan gejala TBC aktif termasuk kelelahan, demam ringan, menggigil, berkeringat di malam hari, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, batuk yang berlangsung tiga minggu atau lebih menghasilkan dahak berwarna atau berdarah, dan nyeri ketika batuk atau bernapas. TBC aktif sangat menular.

Peningkatan program kesehatan masyarakat telah membantu untuk menciptakan penurunan stabil kasus tuberkulosis. Namun, masalahnya masih jauh dari terpecahkan. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap penyebaran TBC di sebuah tempat adalah peningkatan jumlah warga negara asing yang lahir, kondisi hidup yang penuh sesak, peningkatan strain yang resistan terhadap obat TBC, kurangnya akses ke perawatan medis, dan peningkatan jumlah kemiskinan.Berventilasi buruk dengan kepadatan penduduk membantu menyebarkan TBC. Inilah salah satu alasan tuberkulosis mencapai proporsi epidemi.

Bakteri tuberkulosis telah mengembangkan strain bakteri yang resisten terhadap masing-masing obat TBC. Ada juga jenis TBC yang resisten terhadap setidaknya dua obat TBC. TBC-MDR (MDR-TBC) yang berpotensi menjadi ancaman yang lebih mematikan bagi mereka yang terjangkit. Individu terpengaruh dengan MDR-TBC jauh lebih sulit, untuk mengobatinya membutuhkan terapi jangka panjang sampai dua tahun. Obat-obatan yang diperlukan untuk mengobati strain dapat menyebabkan efek samping yang serius.

Faktor-faktor tertentu meningkatkan risiko tertular tuberkulosis. Seorang individu dalam keadaan immunocompromised beresiko mengembangkan TBC. Sejumlah faktor dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh berada dalam keadaan lemah. Beberapa penyakit dapat menekan kekebalan seperti diabetes, HIV / AIDS, dan silikosis. Obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang meliputi obat kemoterapi dan kortikosteroid. Peningkatan risiko tuberkulosis terjadi berkaitan dengan penggunaan obat arthritis Enbrel dan Remicade.

Individu dalam jarak dekat dengan mereka yang terinfeksi TBC berada pada peningkatan risiko terkena penyakit. Individu di daerah tingkat tinggi terkena tuberkulosis (Asia, Afrika, Amerika Latin, bekas Uni Soviet) memiliki peningkatan risiko pengembangan TBC. Ras tertentu (Hispanik, Indian Amerika, Asia Amerika, Afrika Amerika) di Amerika Serikat berada pada risiko mengembangkan TBC.

Faktor-faktor lain dapat meningkatkan resiko terkena TBC.

Orang tua berada pada peningkatan risiko mengembangkan TBC karena sistem kekebalan tubuh yang lemah. Individu yang kekurangan gizi, kekurangan perawatan medis yang memadai, atau yang menderita narkoba jangka panjang atau penyalahgunaan alkohol akan meningkatkan risiko terkena TBC. Petugas kesehatan berada pada peningkatan risiko tuberkulosis juga.

Jika Anda mendapatkan salah satu tanda-tanda atau gejala-gejala yang tercantum di atas, Anda harus mencari nasihat medis. Individu dengan HIV harus diuji untuk TBC, karena penyebab utama kematian pada pasien AIDS adalah tuberkulosis. HIV dan tuberkulosis memiliki simbiosis mematikan, di mana TBC meningkatkan tingkat di mana virus AIDS dan HIV bereplikasi aktif kembali menyebabkan TBC aktif. Petugas kesehatan biasanya diuji setidaknya setiap tahun untuk TBC dengan tes Mantoux. Individu dengan TBC laten memperlihatkan Mantoux positif meskipun tidak ada gejala penyakit yang jelas. Tuberkulosis juga diuji dengan tes x-ray dada (urin, dahak).

Tuberkulosis adalah penyakit yang dapat di cegah. Ada beberapa langkah yang yang bisa dilakukan untuk melindungi kesehatan mereka. Pertama, Anda harus diuji secara teratur. Jika Anda mengalami kurangnya kekebalan, tinggal atau bekerja di rumah penjara atau jompo, lahir di negara TBC lazim, atau memiliki faktor risiko lain, maka tes Mantoux harus dilakukan setiap enam bulan.

Langkah yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk masyarakat dan diri sendiri adalah untuk menyelesaikan seluruh cara pengobatan. Pengobatan yang berhenti ketika gejala awal TBC akan memungkinkan bakteri berkesempatan untuk bermutasi ke bentuk resistan terhadap obat.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri