Penyakit TBC Menjadi Musuh Tangguh Manusia

Penyakit TBC merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium Tuberklosa, bakteri ini menyerang siapa saja pria maupun wanita tanpa memandang usia. Dan biasanya penyakit TBC sering menyerang pada usia rata-rata 15-35 tahun, boleh dibilang usia masih produktif.

Pada umumnya penyakit TBC menular melalui udara, dan biasanya bakteri mikobakterium tuberklosa terbawa pada saat seseorang batuk lalu mengeluarkan dahak. Bahayanya jika bakteri selalu masuk dan terkumpul dalam paru-paru, maka bakteri ini akan berkembang biak dengan cepat apalagi yang mempunyai daya tahan tubuh yang rendah.

Penyakit TBC Harus Memerlukan Penanganan Khusus

Penyakit ini masih tetap menjadi musuh tangguh dari ras manusia. Masih ada sejumlah besar orang meninggal akibat penyakit ini, terutama di negara-negara berkembang. Meskipun ada banyak kemajuan dalam bidang kedokteran dan pemahaman mengenai penyakit, korban manusia terus meningkat. Bahkan ketika selamat dari penyakit ini, banyak yang menjadi buta, cacat, dan rusak.

Di negara berkembang, penyakit seperti campak dan TBC masih merupakan masalah utama dengan tingkat kematian akibat campak sebanyak sepuluh persen. Bahkan penyakit seperti kusta, sekarang di kenal sebagai penyakit Hansen, masih lazim. Namun, ketika kita berpikir tentang penyakit tropis, kita biasanya berpikir tentang malaria dan gangguan parasit lainnya. Organisasi Kesehatan Dunia yakin bahwa kemungkinan stamping out penyakit tropis sangat rendah meskipun kampanye berkelanjutan untuk membebaskan dunia dari polio dan kusta. Salah satu masalah yang dihadapi mereka adalah kurangnya dana penelitian. Meskipun demikian, ada sejumlah penyakit yang telah diidentifikasi atau perlu mendapatkan perhatian khusus, yaitu :

  • Malaria.
  • Schistosomiasis.
  • Penyakit tidur.
  • Hansens atau Penyakit kusta.
  • Filariasis.
  • Leishmaniasis.

1.   Malaria.

Malaria masih merupakan salah satu pembunuh terbesar dan terus meningkat, menewaskan sekitar seratus juta orang setiap tahun. Meskipun ada banyak usaha untuk membuat vaksin yang efektif terhadap penyakit ini. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles, serangga ini berbahaya. Ada upaya terus menerus untuk mengembangkan obat baru dan lebih efektif untuk mengobati penyakit ini.

2.   Schistosomiasis.

Schistosomiasis, yang juga dikenal sebagai Bilharzias, disebabkan oleh cacing yang merundung hati, kandung kemih, dan usus. Hal ini dapat berakibat fatal, telur dari cacing tinggal didalam urin dan tinja. Telur ini kemudian menetas, menjadi siput yang menghasilkan organisme yang menembus kulit manusia, melewati ke dalam aliran darah. Penyebab umum dari hal ini adalah kontak dengan air yang terkontaminasi. Penyakit disebarkan oleh lalat Tsetse yang melewati parasit yang hidup dalam darah dan otak. Ada vaksin dan seseorang harus cepat mengambil tindakan pencegahan ekstra terhadap gigitan serangga  terutama ketika berkunjung ke wilayah Afrika. Penyakit ini menghuni wilayah luas di Afrika dihuni.

3.   Hansen atau Kusta.

Penyakit Hansen atau Kusta masih mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Ada pengobatan efektif yang tersedia tetapi kita harus mencarinya, penyakit ini dapat menyebabkan cacat berat seperti kelumpuhan, kebutaan, dan kelainan bentuk tubuh. Penyakit ini juga membawa stigma sosial karena kekhawatiran infeksi. Filariasis disebabkan oleh cacing kecil yang memasuki tubuh melalui gigitan lalat dan nyamuk. Mereka juga dapat menyebabkan kaki gajah jika saluran getah bening terblokir. Jika gigitan tersebut adalah dari lalat hitam, dapat menyebabkan kebutaan. Penyakit ini dalam berbagai bentuknya mempengaruhi lebih dari seratus lima puluh juta orang.

4.   Leishmaniasis.

Leishmaniasis di sebabkan oleh parasit yang disebarkan oleh sandflies. Ini mempengaruhi kulit, hati, dan limpa. Banyak yang harus di pelajari tentang penyakit ini. Penelitian lebih lanjut di perlukan jika ingin diobati secara efektif dan di kendalikan.

Organisasi Kesehatan Dunia sedang mencoba untuk mengimunisasi semua anak di dunia terhadap penyakit seperti campak, difteri, polio, tetanus, tuberkulosis, dan batuk rejan yang menyebabkan kematian lima juta anak di negara berkembang setiap tahunnya. Karena mayoritas tinggal di daerah terpencil, efektivitas vaksin sering terganggu oleh panas tropis bahkan sebelum mencapai anak-anak. Ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap penyebaran penyakit tropis di negara berkembang. Kemiskinan, gizi buruk, kurangnya sanitasi, kepadatan penduduk, perumahan yang buruk, dan kurangnya akses terhadap pasokan air bersih diantaranya. Jelas, penularan penyakit sangat mudah melalui udara.

Hal ini memungkinkan bagi para wisatawan untuk terjangkit penyakit dari sebuah negara tempat ia berkunjung bahkan ketika kembali ke negara asalnya, mereka telah terjangkiti penyakit. Beberapa penyakit menunjukkan gejala yang mirip dengan flu, orang seringkali mampu menyebarkan penyakit sebelum mereka menyadari fakta bahwa itu adalah penyakit tropis.

Penyakit tropis sulit dicegah dengan vaksinasi khusus, karena sulit dikendalikan atau diberantas sehingga sangat penting bagi wisatawan mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri mereka sendiri. Peningkatan dan penelitian lebih lanjut untuk menghasilkan vaksin baru untuk obat yang lebih efektif diperlukan untuk melawan serangan penyakit ini.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri