Hidup Sehat Dengan Kolesterol Seimbang

Loading...

Ada banyak hal yang kita lakukan untuk selalu hidup sehat, salah satunya dengan memperhatikan makanan yang kita komsumsi agar kolesterol di tubuh kita tetap terkontrol. Mengontrol kolesterol bukan artinya tidak bisa makan enak, tetapi mengurangi atau menghindari makanan berlemak.

Kolesterol merupakan lemak yang 80% dihasilkan dari organ hati sedangkan 20% berasal dari zat makanan yang berfungsi banyak hal di dalam tubuh, seperti misalnya untuk membentuk dinding sel.

Jamur Di Percaya Menyeimbangkan Kolesterol Dalam Tubuh

Tingginya kolesterol bisa di picu dari makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Inilah yang membuat Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, jangan sampai apa yang Anda makan bukannya memberikan manfaat bagi tubuh tapi malah menimbulkan penyakit. Nah, agar Anda tetap bisa mengendalikan kolesterol dalam tubuh Anda bisa dengan mulai makanan anti kolesterol di mana kandungan lemak sehatnya jauh lebih besar dibandingkan lemak jahat yang membahayakan.

Tingkatkan juga konsumsi makanan nabati sehingga asupan protein nabati yang memiliki manfaat menurunkan kadar kolesterol berlebih semakin besar.

Beberapa makanan yang bisa menjaga kolesterol secara seimbang adalah :

  • Jamur.
  • Jeruk nipis.
  • Apel.
  • Ikan tuna.
  • Tempe.
  • Alpukat.
  • Serta berbagai makanan berserat lainnya.

Jamur dianggap salah satu makanan penyeimbang kolesterol karena kaya akan kromium, mineral di mana fungsi dari zat ini adalah memecahkan lemak menjadi senyawa sederhana berupa asam lemak. Sehingga akhirnya bisa menyusutkan kadar lemak jahat dan meningkatkan kadar lemak baikdalam tubuh. Sedangkan tempe memiliki senyawa fitokimiawi isoflavon yang bersifat antikolesterol. Pembuatan tempe dari kacang kedelai membuat olahan kedelai lainnya seperti tahu dan susu kedelaipun sama berkhasiatnya untuk menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh.

Selain asupan makanan yang harus Anda jaga, jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin agar gerak aktif tubuh Anda bisa memecah lemak dalam tubuh menjadi otot yang bermanfaat.

Loading...