Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Siklus Menstruasi

Loading...

Masa subur merupakan suatu fase dalam siklus menstruasi seorang perempuan di mana dalam siklus tersebut terdapat sel – sel telur yang sudah siap dibuahi dan kemungkinan besar akan terjadi kehamilan.

Untuk menghitung masa subur tersebut teorinya sangat mudah sekali dan ini bisa kita hitung melalui siklus menstruasi yang kita alami untuk dapat mengetahui masa subur tersebut,

Bagi anda para pasangan yang sedang berusaha mendapatkan momongan atau pun bagi anda pasangan yang sedang berencana menunda kehamilan atau menghindari kehamilan mungkin informasi ini bisa berguna.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Dengan mengetahui siklus masa subur istri, anda dapat menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan hubungan untuk dapat mencapai kehamilan. Begitu juga anda yang sedang menghindari kehamilan dengan cara alamiah, anda pun dapat mengetahui dan mengerti kapan waktu yang aman untuk berhubungan.

Masa subur sangat besar artinya bagi mereka yang menginginkan hamil dan bagi yang ingin menunda kehamilan. Bagi yang menginginkan kehamilan, masa subur bisa dijadikan patokan untuk melakukan hubungan seksual karena saat ini ovulasi sedang terjadi sehingga kemungkinan hamil sangat besar.

Sedangkan bagi yang mau menunda kehamilan, masa subur merupakan masa yang harus dihindari untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Untuk menghitung masa subur wanita, kita bisa lakukan dengan menggunakan sistem kalender. Untuk sistem kalender sendiri, ada dua caranya, yaitu:

Siklus Haid Teratur

Bagi yang siklus haidnya teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Siklus Haid Tidak Teratur

Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut.

Misalnya:

Siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.

***

Demikianlah informasi tentang cara menghitung masa subur wanita agar kita dapat mengetahui masa subur pasangan. Cara ini dapat dilakukan jika Anda atau istri Anda mengalami kesulitan untuk hamil.

Loading...