Cara Ahli Mata Merawat Lensa Kontak

Loading...

Lensa kontak atau yang lebih populer dengan sebutan contack lens saat ini bukan merupakan barang yang mewah lagi. Banyak para kalangan muda-mudi terutama wanita yang menggunakan bahkan hanya sekedar untuk mengikuti trend. Banyak juga toko-toko yang menjual kontak lens dengan harga yang cukup terjangkau.

Riset belakangan menunjukkan bahwa 75 persen pengguna lensa kontak di Asia tidak mengikuti petunjuk yang benar pemeliharaan lensa. “Sebenarnya hanya butuh tidak sampai 1 menit untuk membersihkan lensa, tapi banyak pengguna yang merasa prosedur ini tidak terlalu penting

Rahasia Para Ahli Merawat Lensa Mata

Jika Anda memakai lensa kontak, maka Anda memiliki kewajiban untuk merawatnya karena lensa yang kotor akan mempengaruhi kesehatan mata Anda. Selain itu lensa kontak yang tidak steril dapat menyebabkan mata Anda terkena iritasi. Jadi bisa disimpulkan bahwa, merawat lensa kontak sama pentingnya dengan merawat mata Anda sendiri.

Seseorang harus memahami langkah-langkah merawat lensa kontak karena lensa kontak yang terawat dengan baik dapat memperpanjang umur pemakaiannya. Begitupun dengan lensa kontak yang terjaga kebersihannya yang dapat mencegah Anda dari masalah kesehatan pada mata.

Berikut ini merupakan langkah tepat untuk merawat lensa kontak yang bisa Anda terapkan di rumah :

  • Lakukan perawatan lensa kontak sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan.
  • Sebelum memegang lensa kontak, Anda wajib mencuci tangan hingga bersih karena dikhawatirkan terdapat kuman yang dapat membahayakan mata Anda.
  • Sebelum tidur Anda harus melepas lensa kontak, karena memakainya saat tidur akan menyebabkan mata kering dan pedih karena kornea mata Anda terluka.
  • Pilihlah cairan lensa khusus yang sesuai dan direkomendasikan oleh pihak optic dan jangan lupa teliti tanggal kadaluarsanya.
  • Sebelum dan sesudah memakai lensa kontak, usahakan untuk membilasnya dengan cairan khusus terlebih dahulu.
  • Simpan lensa kontak dengan benar, yakni rendam lensa kontak dengan cairan pembersih khusus, gantilah cairan jika Anda menyimpan lensa lebih dari 6 jam karena dikhawatirkan banyak kuman dan bakteri didalam wadah. Dan yang penting adalah wadahnya juga harus disterilkan.
  • Hindari membersihkan lensa kontak dengan air keran karena ditakutkan air tersebut mengandung kuman penyebab infeksi.
  • Perhatikan masa kadaluarsa softlens Anda, karena setiap softlens memiliki periode yang berbeda-beda. Begitupun saat lensa kontak terasa tidak nyaman lagi, Anda harus segera mengganti dengan yang baru
  • Apabila pemakaian lensa kontak membuat mata Anda kering, maka Anda bisa meneteskan 2-3 tetes cairan khusus untuk lensa kontak. Hindari menggunakan obat tetes bisa karena dapat merusak lensa kontak.

Loading...