Informasi Penyebab Utama Mata Minus

Banyak sekali yang bertanya-tanya atau belum mengerti mengapa seseorang harus memakai kacamata, sedangkan yang lain memiliki mata sehat. Untuk mengetahui penyebab mata minus, Anda harus tahu terlebih dahulu struktur dasar mata. Bila seseorang mengalami mata minus, maka penyakit ini akan cenderung terus bertambah terutama jika ia masih berada pada masa pertumbuhan. Seiring dengan bertambahnya tinggi badan, maka minus juga akan bertambah dikarenakan sumbu bola mata yang ikut bertambah panjang.

Penyebab utama dari mata minus adalah kelengkungan kornea yang lebih pendek serta sumbu bola mata yang terlalu panjang. Kedua hal tersebut dapat diperoleh melalui orang tua atau keturunan. Namun apabila bukan keturunan, mata minus bisa diakibatkan karena aktivitas dekat terlalu lama, misalnya banyak membaca atau terlalu lama bekerja dengan komputer.

Si Cantik Memakai Kacamata Minus

Biasanya mata minus terjadi jika kita sering berkerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama. Ketika ini terjadi otot di mata kita yang mengatur fokus mata akan terbiasa dengan kondisi seperti ini. Menggunakan kacamata untuk mengkoreksi mata minus akan memaksa otot mata Anda untuk terbiasa dengan kondisi yang tidak normal sehingga dapat membuat mata minus semakin parah ketika anda tetap melalukan pekerjaan rutin secara dekat.

Seperti yang selama ini sudah diketahui, mata itu bagaikan kamera video. Ketika manusia melihat obyek tertentu, ada cahaya yang masuk mata. Cahaya ini harus melalui 4 struktur utama. Ketika sinyal cahaya mengalami distorsi atau rusak, hal ini dapat mengakibatkan penglihatan yang buruk.

Berikut adalah 4 struktur utama dan penjelasan bagaimana cahaya mempengaruhi  masing-masing struktur :

  • Kornea Mata : Ini adalah titik dimana cahaya masuk.
  • Lensa Mata : Setelah cahaya memasuki mata, maka akan bertemu dengan lensa, lensa kemudian memfokuskan cahaya tipis pada retina.
  • Retina Mta : Pada Retina, cahaya akan berubah menjadi sinyal saraf dan kemudian otak akan menafsirkannya dalam bentuk sebuah gambar.
  • Kelopak Mata : Ketika kelopak mata mengalami peradangan, ada kemungkinan bahwa saluran yang memproduksi air mata akan rusak dan keadaan ini dapat mempengaruhi air mata yang melapisi kornea. Ketika ini terjadi, maka penglihatan menjadi kabur, yang biasanya dapat dihilangkan dengan berkedip mata.

Mata adalah bagian rapuh tetapi vital pada tubuh manusia dan sayangnya sering diabaikan kebutuhannya. Berikut ini adalah daftar singkat dari apa yang dapat menyebabkan penglihatan menjadi buruk :

  • Genetika : Faktor keturunan dapat menjadi salah satu penyebab  bagi orang yang memiliki penglihatan yang buruk.
  • Menatap dan mata tegang : Ketika Anda menatap sesuatu untuk jangka waktu yang lama, ini menyebabkan ketegangan pada mata. Mata Anda perlu digerakkan secara konstan.
  • Ekspresi muka : mengerutkan dahi, mengangkat alis atau bahkan menyipitkan mata dapat memberikan beban pada otot-otot yang mengontrol mata Anda.
  • Tidak cukup istirahat : Sama seperti tubuh, mata Anda perlu istirahat. Jangan memforsir mata untuk terus bekerja.  Istirahatlah saat mata sudah terasa lelah.
  • Stres : Stres adalah penyebab nomor satu kematian. Jadi bisa dibayangkan dampak yang diakibatkan stress pada penglihatan Anda.
  • Kebiasaan makan yang buruk : Makan makanan sehat dan dengan gizi seimbang adalah cara terbaik untuk memperbaiki kesehatan secara umum.

Selain yang disebut di atas, berikut adalah beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan gangguan mata bahkan kebutaan :

  • Miopia.
  • Hyperopia atau Rabun dekat.
  • Katarak.
  • Presbiopia (penuaan penglihatan).

Di atas hanyalah sebuah daftar singkat dari apa yang menyebabkan memburuknya penglihatan dan penyebab mata minus. Terbukti bahwa hanya dengan menerapkan beberapa teknik sederhana dan mudah ke dalam hidup Anda, penglihatan Anda dapat membaik. Mulailah belajar beberapa kebiasaan baru mulai hari ini dan Anda akan mendapatkan kemajuan besar dalam penglihatan Anda.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri