3 Sumber Penghasil Omega-3

Pengertian Omega-3 berasal dari kata Omega. Omega berasal dari bahasa Latin yang mempunyai arti “ujung netral” atau “terakhir”. Dalam struktur kimia organik, apabila letak atau posisi ikatan rangkap berada pada atom karbon ketiga terhitung dari gugus metil, asam lemak itu dinamai omega-3. Omega-3 merupakan asam polyunsaturated atau asam lemak esensial atau asam lemak baik  yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung, otak dan organ tubuh lainnya.

Tetapi Asam Lemak Omega-3 ini merupakan Asam Lemak Esensial ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia itu sendiri. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan asam lemak esensial ini manusia harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Omega-3.

3 Sumber Penghasil Omega-3

Mungkin semua orang sudah mengetahuinya, omega-3 sangat bagus untuk otak dan menekan kolesterol. Jika anda pecinta kesehatan mungkin anda sudah mengkonsumsinya seperti saya. Namun khasiat dari omega-3 bukan hanya itu saja, masih banyak khasiat lainnya yang terpendam.

Berikut khasiat dari omega-3 menurut para ahli :

  • Meningkatkan kesehatan arteri dengan membantu pengurangan plak dan pembekuan darah di arteri ke otak.
  • Mengurangi nyeri sendi dan kekakuan yang diakibatkan oleh  arthritis dan osteoarthritis.
  • Meningkatkan kesehatan mental.
  • Menjaga kesehatan tulang dan mengurangi pengeroposan.
  • Mengobati dan mencegah peradangan kulit, terutama saat berjerawat.
  • Cocok dinikmati saat PMS, karena dapat mengurangi rasa kram perut.
  • Membantu mencegah kanker usus besar, payudara dan prostat.

Ikan Sebagai Sumber Penghasil Omega-3

Berikut 3 sumber penghasil omega-3 terbesar :

1.   ALA.

Dapat ditemukan pada makanan yanng berasal dari tumbuhan. Sumber terkaya ALA terdapat pada biji rami, tetapi juga dapat ditemukan dalam biji kapas, minyak canola, kedelai, biji labu dan kenari. Setelah dicerna, ALA akan diubah tubuh menjadi EPA dan DHA.

2.   EPA.

Lemak ini dapat diperoleh dari makananan yang sama dengan DHA, seperti ikan air dingin dan suplemen ganggang vegetarian. Tetapi untuk mengkonsumsinya, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena banyak suplemen ikan yang mengandung merkuri.

3.   Telur.

Telur juga menjadi sumber omega-3 yang baik. Menurut Dewan Flax, omega-3 pada telur menyediakan hampir setengah dari tingkat harian ALA dan seperempat tingkat harian EPA dan DHA yang ada pada tiga ons ikan.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/12846303/uIW2bgo5cItDpX8diqZpww6850/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat