6 Cara Unik Dan Terbaik Mengatasi Penyakit Insomnia

Tidur merupakan suatu kondisi istiratah alami yang dialami oleh manusia dan hewan-hewan lainnya. Waktu tidur biasanya terjadi pada malam hari hingga pagi menjelang. Namun tak jarang, manusia yang justru kesulitan tidur hingga pagi menjelang. Hal itulah yang dinamakan dengan insomnia.

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.

6 Cara Unik Dan Terbaik Mengatasi Penyakit Insomnia

Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.

Itu penjelasan mengenai apa itu insomnia, jika dibiarkan dan tidak diobati dapat menggangu aktivitas sehari-hari. Badan tidak segar, kerja kurang maksimal, dan yang paling fatal dapat memperpendek umur karena kurang tidur. Insomnia tidak bisa langsung hilang dari penderita tetapi secara perlahan-lahan dapat dihentikan.

Berikut 6 cara unik dan terbaik dalam mengatasi insomnia :

1.   Santapan Kentang.

Walau memiliki kandungan kalori rendah, kentang memiliki Glycemic Index yang berefek terhadap glukosa dalam darah. Membantu menghilangkan asam yang memblok triptofan sehingga menciptakan kualitas tidur yang lebih baik. Cobalah menyantap mashed potatoes yang dicampur dengan susu rendah lemak atau buttermilk.

Cara Terbaik Mengatasi Penyakit Ganguan Tidur

2.   Cemilan Pisang.

Buah yang satu ini membantu menciptakan kualitas tidur lebih baik. “Meningkatkan hormon melatonin yang dapat melancarkan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya bagi tubuh untuk mengistirahatkan diri sejenak,” kata seorang ahli gizi holistik di New York City, Esther B. Horn. Buah ini juga mengandung magnesium yang dapat membantu mengurangi ketegangan fisik dan stres.

3.   Oatmeal.

Oatmeal tidak hanya menghangatkan perut Anda. Kandungan seratnya juga dapat membuat Anda nyaman saat menuju tempat tidur. Makanan yang berbahan dasar gandum ini juga mengandung melatonin.

4.   Kalkun.

Anda sudah cukup lama mengalami insomnia atau susah tidur ? Cobalah untuk mengkonsumsi kalkun atau biasa disebut dengan daging Turki. Ini adalah daging yang kaya akan asam amino triptofan yang berfungsi untuk memberikan efek tenang sehingga Anda dapat tidur dengan nyenyak.

5.   Susu.

“Susu hangat merupakan sumber yang kaya akan triptofan, mampu membantu membuat tubuh Anda santai,” kata Horn. Tetapi waspadalah, hindari mengkonsumsi kalkun dan susu secara bersamaan. Hal ini dapat mengakibatkan gas yang ada dalam tubuh Anda naik.

6.   Garam Epsom.

Garam Epsom terbuat dari mineral alamiah yang terkandung di dalam air, biasa dikenal sebagai Magnesium Sulfat. Kali ini bukan untuk santapan. Ambil dua sendok garam, lalu tuang ke dalam bak mandi. Gunakan untuk berendam selama 15 menit. Nikmati tidur nyenyak setelahnya.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri