15 Manfaat Sayur Brokoli Untuk Kesehatan

Brokoli telah dikenal selama lebih dari 2000 tahun. Nama brokoli berasal dari bahasa Latin “brachium” yang artinya “cabang” atau “lengan”. Brokoli pertama kali ditumbuhkan di provinsi Calabria, Italia. Brokoli merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Informasi gizi brokoli dalam satu sajian sekitar 78 gram masak = (1/2 mangkuk).

Jarang sekali ada sayuran yang memiliki manfaat seperti brokoli dari anti kanker, menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, osteoporosis bahkan membantu menurunkan berat badan. Manfaat dari brokoli dapat di peroleh secara maksimal dengan cara mengkonsumsinya secara mentah maupun dikukus.

15 Manfaat Sayur Brokoli

Nilai gizi dari brokoli dapat dianggap sebagai pembangkit tenaga seperti besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C. Brokoli juga mengandung fitokimia penting dan antioksidan, yang melawan berbagai penyakit dan infeksi.

Beberapa manfaat kesehatan brokoli adalah sebagai sebagai berikut :

  • Manfaat Brokoli untuk Anti kanker.

The American Cancer Society merekomendasikan makan brokoli dan sayuran cruciferous lainnya karena mengandung fitokimia anti-kanker. Studi epidemiologis menunjukkan bahwa diet kaya brokoli dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker usus dan kanker paru-paru.

  • Manfaat Brokoli untuk Anti penuaan.

Brokoli juga memiliki sifat anti penuaan yang dapat membalikkan efek dari proses penuaan.

  • Manfaat Brokoli untuk membantu pencernaan.

Brokoli kaya akan serat, yang membantu pencernaan dan membantu mencegah sembelit.

  • Manfaat Brokoli untuk Mencegah racun yang masuk.

Kehadiran vitamin C, asam amino sulfur membuat brokoli menjadi penawar racun yang sangat baik. Brokoli membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh.

  • Manfaat Brokoli untuk Membantu mengontrol diabetes.

Brokoli kaya kromium, yang dikenal untuk membantu mengatur insulin dan mengontrol diabetes.

15 Manfaat Sayur Brokoli Yang Harus Anda Ketahui

  • Manfaat Brokoli untuk Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Brokoli adalah sumber vitamin C, nutrisi penting yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

  • Manfaat Brokoli untuk Menjaga agar penglihatan tetap sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dalam brokoli dapat melindungi mata terhadap degenerasi makula dan mencegah katarak.

  • Manfaat Brokoli untuk Melindungi terhadap radiasi UltraViolet.

Peneliti menemukan senyawa sulforaphane dalam brokoli yang membantu mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV.

  • Manfaat Brokoli untuk Memperkuat tulang dan Mencegah osteoporosis.

Karena kaya akan kalsium, magnesium seng, dan fosfor, brokoli membantu memelihara kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Mengkonsumsi brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita tua dan hamil, karena orang-orang tersebut lebih rentan terhadap osteoporosis.

  • Manfaat Brokoli untuk Mencegah anemia.

Anemia biasanya berhubungan langsung dengan kekurangan zat besi. Besi dan asam folatyang ditemukan dalam brokoli dapat membantu mencegah anemia akibat defisiensi besi.

  • Manfaat Brokoli untuk Membantu kehamilan yang sehat.

Brokoli adalah sumber yang baik folat yang membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida dalam janin. Semua wanita membutuhkan sumber folat selama kehamilan.

15 Manfaat Sayur Brokoli

  • Manfaat Brokoli untuk Mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi folat dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan brokoli adalah salah satu makanan yang mengandung zat ini.

  • Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Brokoli kaya akan serat penurunan kolesterol,serat kromium dan potasium yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung.

Lutein karotenoid yang terkandung dalam brokoli dapat mencegah penebalan arteri di jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung terutama stroke.

  • Penurunan berat badan saat diet.

Brokoli sangat rendah dalam konten kalori. Sekitar 146 gram brokoli mengandung kurang dari 50 kalori dan oleh karena itu brokoli sangat baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Oleh karena itu, akan sangat baik apabila anda bisa mengkonsumsi brokoli setiap hari sebagai salah satu makanan sehat.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/12846303/uIW2bgo5cItDpX8diqZpww6850/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat